Penjelasan 15 Sumber Energi Alternatif dan Contohnya

Sumber energi alternatif sekarang ini menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian negara maju untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Selain ramah lingkungan, masih banyak lagi manfaat dari penggunaan  energi alternatif ini . Ada banyak sumber dan jenis energi alternatif yang masih dalam tahap penelitian ataupun telah digunakan.

Energi Alternatif

  1. Pengertian Energi Alternatif

Definisi dari energi alternatif adalah segala bahan atau sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi dari energi fosil atau energi konvensional (minyak bumi) yang selam ini digunakan manusia untuk berkehidupan.

Kata “alternatif” di atas merujuk pada teknologi-teknologi baru yang menggantikan teknologi penghasil energi yang telah ada saat ini, teknologi baru tersebut menghasilkan energi-energi baru dan lebih ramah lingkungan.

Energi alternatif ini dihasilkan dari berbagai macam sumber yang  berbeda-beda, dan penggunaannya pun juga berbeda-berbeda tergantung dengan kebutuhan.

Dalam kamus Oxford :

Pengertian energi alternatif adalah energi yang dimanfaatkan dengan tujuan untuk menghentikan atau menggantikan penggunaan sumber daya alam (minyak bumi) dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Energi alternatif sendiri muncul akibat terjadinya krisis minyak bumi global pada tahun 1973. Saat itu, terbentuklah ide baru untuk mencari sumber energi yang renewable atau terbarukan.

Dalam Artian lain, Energi alternatif ini juga energi yang dapat diperbaharui sehingga krisis energi yang selama ini dikhawatirkan tidak akan terjadi. Sejak saat itu, PBB membentuk Badan UNFCCC atau United Nation Framework Convention on Climate Change sebagai upaya mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global.

  1. Pentingnya Energi Alternatif

energi alternatifSelama berabad-abad lamannya manusia telah menggunakan energi yang berasal dari minyak bumi. Energi ini disebut dengan energi fosil karena bahan utamanya dari fosil. Energi dari fosil ini merupakan jenis energi yang tidak bisa diperbaharui.

Minyak bumi, sebagai sumber daya alam pasti habis cepat lambat. Energi alternatif muncul sebagai pengganti dari langkanya energi fosil dan meningkatkan isu global warming. Energi dari sumber alami ini selain ramah lingkungan juga dapat diperbaharui dan terserdia tanpa batas dari sumber alam.

Dengan energi alternatif ini, sebuah teknologi baru yang lebih ramah lingkungan akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik dan sehat. Dan manusia sudah tidak lagi ketergantungan pada energi fosil yang persediaannya semakin hari semakin menipis dan habis.

  1. Manfaat Energi Alternatif

Pengembangan teknologi energi baru ini sudah diterapkan di beberapa negara maju. Negara tersebut telah memanfaatkan energi yang ramah lingkungan sebagai pengganti bahan bakar bensin, listrik dan sebagainya.

Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari penerapan energi alternatif :

  • Energi alternatif menggantikan penggunaan energi fosil sebagai salah satu sumber energi utama di bumi.
  • Energi alternatif memiliki dampak positif untuk lingkungan, karena dinilai lebih ramah terhadap lingkungan dan mampu mencegah kerusakan lingkungan.
  • Energi alternatif menjadi solusi sumber energi bagi kehidupan manusia yang renewable atau dapat diperbaharui, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan kelangkaan energi.
  • Perawatan teknologi energi alternatif tergolong sangat mudah.
  • Penggunaannya lebih efisien karena dapat digunakan secara bersamaan sebagai sumber hybrid.
  1. Kelebihan Energi Alternatif

Kelebihan utama yang dimiliki energi alternatif yaitu energi ini tidak akan pernah habis karena sumbernya dapat diperoleh di alam dalam beraneka ragam bentuk atau dapat direkayasa dengan menggunakan teknologi.

Kelebihan lain yang dimiliki energi alami ini adalah energi yang dihasilkan sangat besar dan tidak merusak lingkungan. Hal ini dikarenakan energi ini tidak menghasilkan gas buang yang dapat berdampak negatif pada lingkungan sekitar.

  1. Syarat-syarat Energi Alternatif

pentingnya energi alternatifSebuah energi harus memiliki ketentuan tertentu untuk dapat digolongkan menjadi energi alternatif. Tidak semua energi yang berasal dari alam disebut dengan energi alternatif. Berikut beberapa syarat menjadi energi alternatif :

  • Tidak berasal dari Fosil

Syarat utama dan pokok energi alternatif ialah tidak boleh bersumber dari fosil. Karena tujuan dari energi alternatif sendiri yakni untuk mengganti energi fosil. Beberapa contoh energi fosil antara lain : batu bara, minnyak bumi, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut tidak dapat diperbaharui lagi.

  • Renewable (Terbarukan)

Energi alternatif haruslah renewable atau bisa dioperbarui. Berbeda dengan energi fosil, yang mana energi fosil tidak terbarukan dan akan habis karena digunakan secara terus-menerus.

  • Ramah Lingkungan

Tidak sedikit kasus kerusakan lingkungan yang terjadi akibat penggunaan energi fosil secara berlebih. Global warming  yang selama ini terjadi disebabkan pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Untuk itu, energi alternatif haruslah yang ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan.

  • Dapat Diproduksi Secara Massal

Syarat energi alternatif yang terakhir adalah manfaat energi alternatif ini wajib dapat dinikmati secara luas, tentu hal ini harus bisa diproduksi secara massal untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Sumber Energi Alternatif

Berikut beberapa sumber dan jenis energi alternatif terbarukan :

  1. Sumber Energi Alternatif Matahari

sumber energi alternatif matahari

suneenergy.com

Matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan manusia yang ada di planet bumi. Energi yang dihasilkan matahari berbentuk panas dan cahaya yang mana selama ini manusia telah memanfaatkannya dalam berbagai kehidupan sehari-hari.

Matahari mampu menyediakan energi panas dan cahaya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia secara langsung maupun tidak langsung. Penggunaan energi matahari secara langsung misalnya adalah menjemur pakaian.

Sedangkan penggunaan energi matahari secara tidak langsung yaknik mengubah panas matahari menjadi sumber energi listrik dengan menggunakan alat-alat tertentu, seperti panel surya (solar panel).

Sumber energi matahari yang melimpah menjadikan energi matahari sebagai contoh energi panas yang paling banyak digunakan sebagari energi terbarukan, baik dalam skala besar ataupun kecil.

  1. Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

sumber energi alternatif panas bumi

youtube.com

Panas bumi adalah suatu jenis energi yang dihasilkan dari dalam bumi (perut bumi). Panaa bumi pada umumnya muncul di permukaan bumi akibat adanya aktivitas vulkanik atau gunung merapi. Ata tiga sumber utama panas geotermal, antara lain yaitu uap alam, air yang panas dan bebatuan yang kering dan panas.

Air panas tersebutlah yang digunakan secara luas untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemanasan. Namun penggunaannya sendiri untuk pembangkit tenaga hingga kini masih dalam tahap penelitian.

Sementara untuk batuan kering panas yang mana menjadi sumber panas yang paling besar dan disediakan oleh alam juga masaih menjadi sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaannya yang tepat.

Indonesia sendiri menjadi negara terbesar kedua sebagai penghasil listrik energi panas bumi di dunia.

  1. Sumber Energi Alternatif Angin

sumber energi alternatif anginSumber energi alternatif yang ketiga adalah angin. Angin merupakan sistem pergerakan udara yang terjadi secara alami dan Energi angin adalah sebuah energi yang dihasilkan dari hembusan angin. Ketersediaan sumber angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif di alam.

Penggunaan energi angin sendiri sebenarnya sudah cukup lama digunakan. Salah satu contohnya adalah kincir angin yang dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa atau irigasi.

Selain itu energi angin saat ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan turbin angin, yang mana hasil pergerakan turbin tersebut akan dikonversikan menjadi energi lsitrik. Namun energi angin sangatlah tergantung dengan keadaan angin yang ada.

  1. Sumber Energi Alternatif Hydropower

sumber energi alternatif hydropower

americanrivers.org

Sumber energi hydropower adalah energi alternatif yang berasal dari kekuatan air. Sebuah pergerakan air dimanfaatkan untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik atau energi lainnya.

Melalui derasnya aliran air ini dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator yang dapat menghasilkan listrik. Energi hydropower sangatlah tergantung akan derasnya dan pasokan air yang ada.

Contoh penggunaan energi hydropower ialah pengelolaan daerah aliran sungai dengan pembendungan untuk mengarahkan aliran air sungai menuju ke turbin. Dengan aliran air ini turbin akan berputar sehingga menghasilkan energi listrik tenaga air atau PLTA.

  1. Sumber Energi Alternatif Gas Alam

sumber energi alternatif gas alam

pexels.com

Gas alam adalah suatu jenis energi alternatif yang dihasilkan dari gas yang terkumpul di bawah tanah yang terdiri dari berbagai komposisi campuran hidrokarbon dan memiliki daya tekan yang cukup tinggi. Gas alam ini juga dapat diolah menjadi bahan bakar yang kita kenal dengan istilah elpiji.

Gas alam juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga gas dan penggerak mesin-mesin pabrik. Pembangkit listrik tenaga gas disebut dengan PLTG.

  1. Sumber Energi Alternatif Hidrogen

sumber energi alternatif hidrogenSumber energi alternatif hidrogen merupakan sebuah energi alternatif yang dapat memiliki potensi luar biasa sebagai sumber energi dan bahan bakar. Energi hydrogen disebut-sebut tidak menghasilkan polusi sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Energi ini dihasilkan dari air melalui proses elektrolisis.  Karena jumlah yang sangat melimpah, energi ini di gaungkan menjadi sumber energi alternatif masa depan. Dalam penggunaan sebagai bahan bakar, energi hidrogen tidak menghasilkan emisi beracun.

  1. Sumber Energi Alternatif Biomassa

sumber energi alternatif bio massaEnergi biomassa adalah energi yang dihasilkan dari massa pada tumbuhan dan kotoran hewan, baik dengan cara dibakar langsung maupun diolah menjadi bahan lain yang pembakarannya lebih mudah.

Selain dari kotoran makhluk hidup, sumber lain dari sumber energi biomassa yakni tanaman pangan, rumput, limbah pertanian dan kehutanan, residu, komponen organik bahkan gas metana dari pembuangan sampah. Salah satu contoh penggunaan pembangkit biomassa ini yaitu menggunakan bahan bakar dari energi berupa cangkang sawit, sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu atau serbuk kayu.

Pengembangan energi biomassa diharapkan bisa menekan penggunaan bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kelebihan biomassa sendiri merupakan energi yang dapat diperbaharui dan dapat menyediakan energi yang berkesinambungan.

  1. Sumber Energi Alternatif Biofuel

sumber energi alternatif biofuel

biosmagz.com

Sumber energi biofuel adalah salah satu sumber alami yang dihasilkan dari bahan-bahan nabati. Beberapa jenis tanaman lain yang bisa menghasilkan energi alami yaitu tanaman jarak yang diproduksi menjadi bahan bakar  nabati (BBN).

Hasil olahan biofuel berbentuk seperti bioetanol dan biodiesel. Kedua jenis bahan bakar ini juga bisa dimanfaatkans sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor atau mesin produksi.

Biofuel dalam bentuk biodiesel dibuat dari bahan minyak nabati seperti minyak kelapa sawit atau CPO. Proses pembuatan energi biofuel ini pada umumnya mereaksikan minyak nabati dengan methanol dan ethanol, dengan katalisator soda api.

Kelemahan dari biofuel ini tidak tepat jika digunakan untuk kendaraan bermotor yang memerlukan kecepatan dan daya tinggi.

  1. Sumber Energi Alternatif Tidal

sumber energi alternatif tidal

pinterest.com

Energi tidal adalah jenis energi alternatif yang dihasilkan dari pasang surutnya air laut. Dibandingkan dengan sumber energi alternatif lain, energi tidal belum dikenal masyarakat luas. Namun energi ini memiliki keunggulan yaitu memiliki aliran energi yang lebih mudah untuk diprediksi, hemat ruang dan juga tidak membutuhkan teknologi yang rumit untuk memanfaatkannya.

Kekurangan dari energi tidal ini yakni membutuhkan alat konversi yang handal dan mampu bertahan di air laut, terutama pada tingkat korosi dan kuatnya arus serta badai laut.

Prinsip kerja energi ini yaitu saat pasang naik, air laut dengan volume jutaan kubik naik ke daratan.

  1. Sumber Energi Alternatif Gelombang Laut

sumber energi alternatif gelombat laut

presidentpost.id

Meskipun sama-sama berasal dari air laut, namun energi alternatif gelombang laut berbeda dengan tidal. Energi gelombang laut adalah memanfaatkan ombak laut untuk kemudian dikonversikan menjadi energi listrik.

Prinsip kerja pada energi ini hampir sama dengan hydropower yaitu dengan mengumpulkan energi dari gelombang laut dan diarahkan untuk memutar ubin, kemudian putaran ubin akan menghasillkan tenaga listrik.

Dalam penggunaannya tidak merusak lingkungan, namun untuk memanfaatkan gelombang ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornya.

  1. Sumber Energi Alternatif Biodiesel

sumber energi alternatif biodieselsumber energi alternatif biodieselEnergi alternatif biodesel adalah energi yang dihasilkan dari tumbuhan dan lemak binatang, dimana energi ini sudah lama dibicarakan banyak orang di dunia. Bahkan telah ada beberapa negara maju yang telah menerapkan energi terbarukan ini sebagai bahan bakar utama untuk mengatasi ketergantungan akan energi fosil.

Biodesel ini juga sangat ramah lingkungan dan renewable serta dapat menghilangkan emisi gas buang. Hal ini menjadikan energi alternatif biodesel sebagai solusi dalam menggantikan energi fosil dimasa depan.

  1. Sumber Energi Alternatif Etanol

sumber energi alternatif etanolEtanol adalah etil alkohol, dimana merupakan salah satu sumber energi alami yang berasal dari proses fermentasi tumbuhan tertentu. Misalnya pada tumbuhan gandung dan jagung. Dari proses fermentasi ini menghasilkan alkohol dari jenis etil alkohol yang nantinya dimanfaatkan sebagai energi alternatif.

Tidak sedikit negara maju yang telah menggunakan energi etanol ini sebagai pengganti bahan bakar kendaraan. Salah satu negara maju yang telah sangat baik mengembangkan energi etanol yaitu Brazil. Dimana tiap tahunnya Brazil menghasilkan sekitar 15 milyar etanol.

  1. Sumber Energi Alternatif Methanol

sumber energi alternatif methanolEnergi methanol yaitu metil alkohol, yakni salah satu alkohol yang berasal dari kayu. Metabol dapat dimanfaatkan untuk  bahan bakar ataupun campuran bahan bakar.

Metanol dapat menjadi sebuah energi alternatif yang penting bagi masa depan karena hidrogen yang dihasilkan dapat menjadi energi juga. Namun penggunaan metanol dapat menyebabkan korosi pada benda-benda metal, sehingga sekarang ini produsen kendaraan tidak lagi menggunakan metanol sebagai bahan bakar.

  1. Sumber Energi Alternatif Piezoelektrik

Sumber Energi Alternatif PiezoelektrikSumber energi alternatif yang lain yaitu Piezoelektrik, sumber energi piezoelektrik adalah sumber eneregi yang memanfaatkan energi mekanik menjadi energi listrik. Sistem energi yang satu ini sangat tepat diterapkan di tempat umum seperti pada lantai di stasiun kereta api di jepang dan rumah disko yang berada di Inggris.

Dimana pergerakan-pergerakan atau tekanan dari orang-orang yang berada pada tempat tersebut dikonversi menjadi listrik. Sehinnga energi tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sekitar tempat tersebut.

  1. Sumber Energi Alternatif Energi Nuklir

Sumber Energi Alternatif Energi Nuklir

kampusislami.com

Energi Nuklir adalah suatu energi yang dihasilkan dari bahan-bahan radioaktif dan reaksi berantai yang terjadi di dalam sebuah reaktor.  Energi alternatif ini dapat menghasilkan jenis energi yang cukup besar.

Energi nuklir memang tidak memancarkan gas rumah kaca dan tidak mengakibatkan pemanasan global. Namun, pemanfaatan energi alternatif nuklir berdampak negatif pada kesehatan lingkungan dan manusia. Bila terjadi kebocoran pada reaktor dan menimbulkan radiasi akan mengakibatkan penyakit cacat dan kematian.

Dampak Negatif Penggunaan Energi Alternatif

Meski memiliki banyak sekali manfaat dan dapat memenuhi kebutuhan manusia di masa mendatang, energi alternatif tetap memiliki beberapa dampak negatif.

  • Membutuhkan teknologi yang baru dan terjamin baik untuk dapat mengubah energi alam agar bisa dimanfaatkan.
  • Memerlukan penelitian dan pengamatan yang cukup panjang dan teliti agar bisa menghasilkan sebuah terobosan baru dibidang energi.
  • Secara ekonomi, teknologi baru akan membutuhkan biaya yang mahal.

Demikian pemaparan sumber sumber energi alternatif. Selain penjelasan di atas, anda juga harus mengetahui perubahan energi serta yang tidak kalah penting berbagai poster hemat energi.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.