Teknik Aquarel (Jenis , Cara dan Contoh Gambar Aquarel)

Teknik Aquarel– Aquarel atau cat air adalah salah satu jenis seni lukis yang sudah dikenal masyarakat umum dan paling populer. Karya gambar aquarel ini sangat mudah sekali dicari karena banyaknya pelukis yang menjual karyanya lewat aquarel. Lantas bagaimanakah teknik aquarel dan jenis-jenisnya serta  seperti apa contoh gambar aquarel ? Temukan jawabannya di artikel ini.

Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah salah satu jenis teknik menggambar atau melukis yang memanfaatkan cat air sebagai bahan lukis dengan cara mengoleskan warna secara tipis dengan menggunakan sapuan kuas.

Hal ini bertujuan agar memperoleh hasil suatu lukisan yang terlihat transparan, tembus pandang dan paduan warna yang tipis. Untuk menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, sebaiknya kalian gunakan cat yang sedikit lebih encer

Macam – macam Teknik Aquarel

  1. Wet on wet

Wet on wet merupakan suatu teknik melukis aquarel dengan cara menumpuk cat yang masih basah dengan cat warna lain atau warna yang lebih gelap sehingga warnanya menjadi tercampur atau bergradasi (bernuansa).

macam macam teknik aquarel 1macam macam teknik aquarel 2

  1. Wet on Dry

Sedangkan wet on dry merupakan suatu teknik melukis aquarel dengan cara menumpuk cat yang telah kering dengan cat warna lain atau warna yang lebih gelap sehingga menghasilkan tepi kuasan cat yang tajam.

macam macam teknik aquarel 4macam macam teknik aquarel 5

Media dan Peralatan Teknik Aquarel

alat dan media melukis teknik aquarel

youtube.com

Alat dan media lukis di sini meliputi :

  1. Cat air
  2. Kertas gambar
  3. Kuas cat
  4. Palet cat air
  5. Air dan kain lap

Langkah – langkah melukis Teknik Aquarel

  1. Tentukan Tema Gambar

Pilih dan tentukan konsep gambar yang akan kalian inginkan untuk dilukis. Pastikan objek gambar yang akan kalian lukis sudah ada dipikiran dan didepan mata yang berupa model, sehingga jelas apa yang harus dilukis.

Sebenarnya untuk objek gambar kalian tidak harus yang muluk-muluk, objek yang sederhana jika diberikan warna dan teknis yang benar pasti juga akan memberikan hasil lukisan yang indah.

  1. Membuat Sketsa Gambar

langkah langkah melukis aquarel 1Buatlah sketsa objek dengan pensil secara tipis-tipis pada kertas. Hal ini dilakukan agar  dapat memperbaiki jika terjadi ketidaktepatan dalam menggambar sketsa.

  1. Membasahi Kertas dengan Air

langkah langkah melukis aquarel 2Pada teknik aquarel ini kita sebelum mewarnai diharuskan membasahi media gambar yaitu kertas atau kanvas dengan air secukupnya dengan menggunakan kuas. Hal ini berguna untuk memberikan efek tipis pewarnaan pada lukisan namun jangan sampai terlalu basah.

  1. Pewarnaanlangkah langkah melukis aquarel 3

  • Bubuhkan cat air yang telah kalian siapkan pada media kertas yang sudah dibasahi dengan kuas cat air.
  • Untuk arah sapuan kuasnya dari arah kiri ke kanan, atau bisa dari atas menuju ke bawah dengan menyesuaikan bidang gambar yang akan diwarnai.
  • Usahakan untuk tidak menyapukan kuas secara menyilang, menggulung-gulung maupun ke berbagai arah dan tidak mengulang-ulangnya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada media gambar, selain itu kita tidak bisa mendapatkan intensitas warna yang kita inginkan.

Oleh karena itu sapukan warna sekali saja dan persiapkan cat air dengan perolehan warna yang matang.

  1. Drying (Pengeringan)

langkah langkah melukis aquarel 4

wikihow.com

Sentuhan akhir yang dapat kita lakukan adalah dengan menjemur atau mengangin-anginkan media gambar di bawah terik matahari, agar catnya bisa kering secara sempurna.

Sebaiknya tidak menggunakan alat-alat pengering, dikhawatirkan dapat merusak media gambar (cat tercecer, menggulung, dan sebagainya).

Tips melukis Aquarel

langkah langkah melukis aquarel

mybluprint.com

  1. Pada cat air pilihlah yang berkualitas. Cat air yang berkualitas baik memang relatif mahal, namun harga dan dan kualitas biasanya berjalan seiringan.
  2. Untuk media kertas yang paling sesuai dan bagus menggunakan kertas aquarel. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal sesuai dengan teknik ini, gunakan kertas aquarel. Namun jika harga dirasa cenderung mahal, kalian juga bisa menggunakan kertas gambar biasa tapi juga berkualitas standar.
  3. Gunakan juga kuas yang sesuai. Ada banyak berbagai merk kuas yang ada di toko toko peralatan sekolah, sesuaikan saja dengan budget yang pas.

Contoh Lukisan Teknik Aquarel

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

contoh lukisan aquarel Rumah

Gambar aquarel di atas bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit. Tersusun dari berbagai objek gambar yang masing-masing memiliki beragam ukuran. Sebagian besar terdiri dari objek gambar yang berukuran kecil dan warna yang bervariasi.

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

contoh lukisan aquarel hewan

pixabay

Bagi kalian sebagai pemula yang ingin melukis dengan teknik aquarel, gambar di atas dapat menjadi referensi bahwa sebuah objek gambar tidak harus yang rumit dan muluk-muluk. Gambar yang sangat sederhana dengan goresan warna yang tidak terlalu banyak. Namun gambar di atas tetap menunjukkan nilai estetika yang tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel sederhana

contoh lukisan aquarel sederhana

pixabay

Gambar aquarel di atas dapat dikatakan cukup sederhana. Namun dengan perpaduan warna yang cocok membuat hasil lukisan lebih indah. Dan membuat sebuah gambar sederhana menjadi sebuah lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

contoh lukisan aquarel bunga

Walau hanya dengan satu objek gambar, namun gambar aquarel di atas memerlukan keahlian yang profesional. Dengan gradasi warna yang tepat membuat bunga di atas terlihat hidup dan cantik. Selain itu pelukis telah memperhitungkan pencahayaan yang tepat sehingga pelukis mampu menggoreskan kuas agar menghasilkan bunga yang terlihat sangat nyata.

Contoh Lukisan Aquarel Buah – Buahan

contoh lukisan aquarel buah-buahan

pinterest

Gambar aquarel yang satu ini tidak kalah bagusnya. Berbagai buah lengkap dengan keranjang dan teko, sehingga gambar ini tersusun dari objek yang banyak dengan beragam warna. Di tambah pelukis memberikan efek 3 dimensi yang membuat lukisan ini menawan dan hidup. Warna yang tepat dan kesan bayangan pada setiap objek turut memperindah lukisan di atas.

Contoh Lukisan Aquarel 6

contoh lukisan aquarel

mikiaboom.files.wordpress

Untuk menghasilkan lukisan di atas, dibutuhkan pelukis yang cukup profesional. Lukisan di atas melibatkan banyak objek dengan tingkat kerumitan yang cukup. Warna yang tepat turut serta membuat lukisan tersebut berhasil memberikan nilai seni.

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan

contoh lukisan aquarel pemandangan

Demikian penjelasan teknik aquarel yang dapat kalian praktikkan. Jangan mudah putus asa dan teruslah berlatih karena untuk mendapatkan hasil karya lukisan yang menawan membutuhkan kerja keras dan ketrampilan yang tinggi.

Pelajari juga penjelasan bagaimana teknik arsir dan apa saja teknik dalam menggambar.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.