Teknik Arsir ( Teknik Menggambar, Fungsi, Jenis, dan Berbagai Contoh)

Teknik arsir adalah teknik utama yang harus dikuasai oleh seorang seniman. Semua hal yang berkaitan dengan gambar akan selalu berhubungan dengan arsiran. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama mengenai Teknik Arsir dari pengertian, macam-macam arsiran, fungsi, belajar teknik arsir hingga contoh contoh gambar arsiran.

Teknik Arsir

Teknik arsir merupakan teknik dasar menggambar menggunakan pensil. Teknik menggambar ini juga  teknik yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah bayangan maupun tekstur dari gambar yang kita buat.

Arsiran dapat membuat gambar yang telah kita buat lebih menarik dan terlihat hidup. Teknik ini mengandalkan pada kekuatan dan ketebalan garis yang diciptakan menggunakan pensil.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa teknik arsir ini adalah suatu teknik menggambar yang dilakukan dengan cara merepetisikan atau mengulang-ulang goresan pensil pada suatu bidang kosong untuk menyempurnakan gambar yang telah dibuat.

Fungsi Teknik Arsir

Adapun beberapa fungsi tenik arsir yaitu :

  1. Memberikan karakter pada objek gambar.
  2. Memberikan kesan bentuk dan volume pada objek atau benda.
  3. Memberikan kesan karak dan kedalam pada gambar.
  4. Mengisi bidang yang kosong.
  5. Finishing touch gambar

Macam – Macam Teknik Arsir

  1. Hatching (Arsiran Satu Arah)

jenis jenis teknik arsir 1

dictio.id

Teknik arsir pertama yaitu arsir hatching atau arsir searah. Pada teknik ini pensil digoreskan dalam arah yang sama, sehingga terlihat barisan garis sejajar dan searah. Arsiran satu arah ini merupakan arsiran yang paling mudah untuk dibuat karena arsiran searah ini dibuat dari goresan yang teratur.

Semakin sering kita menggores maka akan menimbulkan efek lebih gelap karena semakin padat. Serta menumpuknya garis akan menambah massa garis menjadi lebih tebal sehingga terbentuk efek ilusi volume terang bayang.

Arsiran satu arah ini dapat digunakan untuk menggambar berbagai macam gambar benda yang memiliki karakter permukaan halus dan rata.

  1. Crosshatching (Arsiran Silang)

jenis jenis teknik arsir 2

dictio.id

Arsiran silang mirp dengan teknik arsiran satu arah namun jenis arsiran goresannya tampak terlihat saling berpotongan. Pada bagian yang ingin diarsir lebih gelap, goresannya dapat ditumpuk dengan menggunakan arah garis yang berbeda. Pada umumnya perbedaan arah dari garis awal ke garis berikutnya adalah 45 derajat.

Arsiran silang ini dapat digunakan untuk menggambar benda yang memiliki karakter permukaan halus dan kasar.

Untuk membuat sebuah karakter pada benda yang memiliki permukaan halus maka pensil yang digunakan harus berujung runcing dan digoreskan secara rapat. Sedangkan untuk membuat karakter benda yang permukaannya agak kasar maka pensil harus digoreskan agak renggang.

  1. Countour Hatching (Arsiran Searah Kontur)

jenis jenis teknik arsir 3

dictio.id

Pada teknik arsiran ini goresan arsir pada pena atau pensil mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir, maka akan terlihat volume pada benda tersebut. teknik ini pada umumnya sering digunakan untuk menggambar figur manusia, hewan, dan tumbuhan.

  1. Scumbling (Arsiran Coretan Bebas)

jenis jenis teknik arsir 4

dictio.id

Pada arsiran scrumbling yaitu jenis arsiran yang goresannya tampak terlihat tidak beraturan dan berbentuk corat-coret bebas. Goresan ini tidak berupa garis namun lebih seperti goresan bebas.

Coretan bebas ini akan lebih menarik jika arah goresan dapat dirubah secara acak membentuk ilusi volume yang diinginkan. Teknik ini dapat diterapkan untuk menggambar berbagai macam benda yang memiliki karakter permukaan kasar sampai dengan sangat kasar.

Tujuan dari arsiran ini untuk membuat karakter dari benda-benda tersebut. Jika suatu gambar benda diarsir dengan menggunakan cara ini, maka gambar tersebut akan terlihat permukaannya tidak rata.

Contohnya adalah kayu, kulit kayu pada batang pohon, bebatuan, handuk dan lain lain.

  1. Stippling ( Arsiran titik)

jenis jenis teknik arsir 5

dictio.id

Teknik arsiran ini membuat titik titik kecil seperti pada teknik pointilisme. Semakin dekat dan rapat titik-titik kecil yang dibuat maka semakin gelap efek yang ditimbulkan.

Alat – Alat yang digunakan Pada Teknik Arsir

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dapat kalian persiapkan sebelum menggambar yaitu :

  1. Kertas gambar

buku sketsa

tokopedia

Kertas gambar sebagai media untuk menggambar. Selain kertas gambar kalian dapat menggunakan sketchbook untuk membuat gambar arsiran. Sketchbook sendiri telah tersedia di berbagai toko toko buku, jika ingin menghasilka hasil gambar yang bagus gunakan sketchbook yang permukaan halus.

  1. Pensil

pensil menggambar

ebay.com

Peralatan utama untuk menggambar yaitu pensil. Sebaiknya kalian mempersiapkan beberapa pensil dengan kualitas dan jenis yang berbeda seperti pensil 2B, HB, 7B, F, H. Kesemua jenis pensil tersebut pasti akan digunakan dan memberikan hasil yang berbeda-beda di setiap goresannya.

  1. Penghapus

alat penghapus untuk menggambarPenghapus alat yang harus ada karena alat ini sangat diperlukan jika kita membuat kesalahan atau terdapat degradasi warna gelap terang yang kurang tepat. Sediakan penghapus yang tajam dan tumpul.

  1. Kuas dan Cotton bud

cotton budLebih baik siapkan juga kuas dan cotton bud. Kedua alat ini fungsinya untuk menghaluskan arsiran pensil agar terlihat merata.

Belajar Dasar Menggambar Teknik Arsir

Berikut  ini ada beberapa langkah belajar dasar mengarsir yang baik bagi pemula.

belajar dasar menggambar arsir 1

  1. Berlatih teknik arsir dapat dimulai dengan cara membuat satu baris kotak.
  2. Jumlah kotaknya bebas, kemudian arsir setiap kotaknya dengan satu jenis ukuran pensil.
  3. Contoh kotak pertama dapat diarsir dengan pensil 6H, kemudian kotak kedua diarsir dengan pensil 2H, dan seterusnya.
  4. Ketika sedang mengarsir, dilakukan dengan tekanan yang sama.
  5. Lihat dan bandingkan perbedaan intensitas gelap terang yang dihasilkan setiap pensil.

Kemudian arsiran gradasi dapat dihasilkan dengan cara lain , yaitu membuat beberapa baris kotak.

belajar dasar menggambar arsir 2

  1. Gunakan beberapa jenis pensil, misalnya 2H, 3B, dan 6B.
  2. Arsir pada baris kotak bagian atas dengan pensil 2H, kemudian arsirlah setiap kotaknya dengan tingkat tekanan pensil yang berbeda.
  3. Kemudian arsirlah juga pada baris kotak bagian atas dengan pensil 3B, dan arsirlah setiap kotaknya dengan tingkat tekanan pensil yang berbeda.
  4. Terakhir arsir pada baris kotak bagian atas dengan pensil 6B dengan tekanan yang berbeda
  5. Lihatlah dan bandingkan setiap intensitas gelap terang yang dihasilkan masing-masing pensil.

Latihan selanjutnya yaitu membuat komposisi bentuk dasar, kemudian pada masing-masing bentuk dasar memberikan arsir dengan tingkat intensitas yang berbeda. Caranya yaitu membuat kotak dengan berbagai ukuran dan bentuk yang sudah mengalami distorsi. Kemudian komposisikan setiap kotak kotak tersebut.

belajar dasar menggambar arsir 3

devianart.com

Langkah – langkah Menggambar dan Mengarsir dengan Pensil

Setelah belajar dasar menggambar dan mengarsir pada sebuah kotak, kalian bisa memperlajari langkah-langkah menggambar dan mengarsir sebuah objek dengan pensil secara detail dan realistis.

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum memulai menggambar yaitu :

  • Kebersihan
  • Cahaya
  • Tempat
  • Alat
  • Bahan-bahan yang dipakai
  • Pastikan suasana yang tenang

Pilihlah objek atau konsep yang ingin kalian gambar, kalian bisa mencari sumber dari mana saja secara langsung, imajinasi, buku ataupun internet. Contoh langkah-langkah menggambar dan mengarsir kali ini adalah seorang perempuan dengan beberapa objek.

1. Pembuatan sketsa

pembuatan sketsa

booboy72.blogspot.com

  • Langkah pertama yaitu membuat sketsa. Buatlah sketsa yang kasar namun jangan terlalu kentara dengan menggunakan pensil HB.
  • Jika terjadi kesalahan dalam pembuatan sketsa, hapuslah menggunakan penghapus yang agak tumpul dan jangan terlalu kuat saat menghapus demi menjaga struktur kertas agar senantiasa terlihat rapi.
  • Jangan terlalu menekan pensil ketika pembuatan sketsa karesa bila dihapus akan meninggalkan bekas dan akan mempengaruhi hasil akhir dari gambar yang anda buat.

Dalam pembuatan sketsa gambar, kecepatan mata sangat berpengaruh. Sinkronasikan mata dengan tangan kalian agar memudahkan kalian melihat pola dan tidak mengalami kesulitan dalam pembuatan sketsa.

2. Mempertegas garis luar (outline) pada sketsa awal

Mempertegas garis luar (outline) pada sketsa awal

booboy72.blogspot.com

  • Pastikan kalian memegang pensil dengan serilex mungkin.
  • Di dalam memberikan outline, tidak semua garis luar harus dipertegas. Perhatikan betul-betul mana yang harus diarsir dengan tebal/gelap, sedang dan tipis.
  • Jika seluruh sketsa telah selesei dan siap, maka langkah selanjutnya adalah mulai mengarsir.

3. Memulai mengarsir

Memulai mengarsir

booboy72.blogspot.com

  • Sebaiknya arsiran yang kalian lakukan berlawanan dengan tangan kalian. Jika menggunakan tangan kanan, arsir bagian kiri ke kanan, bisa juga dari sebelah atas ke kiri kemudian ke kanan dan sebaliknya. Hal ini bertujuan agar tangan tidak menutupi arsiran yang telah dibuat sebelumnya karena dapat menghilangkan kepekatan dari arsiran tersebut.
  • Perhatikan tingkatan warna objek yang kalian arsir dari yang halus, sedang hingga tebal.
  • Bagian tebal yang dimaksud di sini yaitu bagian rambut dimana arsiran sangat berpengaruh pada bagian ini. Untuk bagian rambut sebaiknya gunakan pensil 8B.
  • Setelah bagian rambut terarsir dengan pensil 8B, pakailah cotton bud pada arsiran tadi, tujuannya yaitu untuk memperhalus arsiran yang kalian buat.
  • Jika saat memakai cotton bud ini membuat arsiran halus keluar dati ouline/sketsa, hapuslah menggunakan penghapus yang permukaannya tajam agar terlihat rapi.

4. Pahami objek dan gambar arsir yang sedang kalian gambar

Pahami objek dan gambar arsir yang sedang kalian gambar

booboy72.blogspot.com

  • Point ini merupakan hal terpenting dimana kalian harus memahami sebuah gambar yang sedang kalian gambar.
  • Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pada jam yang pecah, pecahan dinding jam dan serpihan jam tercipta suatu efek 3D. Hal ini bertujuan agar suatu gambar terlihat lebih hidup. Caranya pun sederhana yaitu dengan mengetahui bagian gelap dan terangnya.
  • Gunakan pensil 2B hingga 5B untuk shadingnya selanjutkan gunakan cotton bud untuk memperhalus. Perhatikan pencahayaan dari gambar kalian yang terang dan gelap.
  • Pada bagian terang sebaiknya untuk tidak mengarsir dengan pensil, karena akan sulit saat menghapus. Gunakanlah cotton bud dan jika ingin menghapus gunakan penghapus yang permukaannya tajam.
  • Pada bagian yang kecil dan gelap, gunakan pensil 8B yang tidak terlalu runcing dan juga tidak terlalu tumpul. Agar menghasilkan gambar arsir yang baik, jangan terlalu menekan pensil ke kertas.

5. Gunakan pensil tertentu

Gunakan pensil tertentu

booboy72.blogspot.com

  • Gunakan pensil yang memiliki permukaan runcing pada bagian-bagian kecil agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Gambarlah tiap detailnya sesuai dengan gambar yang anda ikuti.
  • Jangan tergesa-gesa dalam pengerjaan mengarsir dan langsung pindah ke objek lain.
  • Selesaikan dulu bagian dan objek yang harus diarsir terlebih dahulu agar tidak kebingungan saat menggambar.

6. Gambar Arsiran 1

Gambar Arsiran 1

booboy72.blogspot.com

Arsir bagian gambar lainnya, misalnya pada contoh gambar di atas ialah bagian tubuh dari cewek sebagai objek.

  • Perhatikan bagian yang gelap dan terangnya. Tentukan juda gradasi warna dan kemudian arsirlah secara bertahap mulai yang terang hingga gelap agar gambar terlhat lebih hidup.
  • Teknik mengarsir masih sama yaitu setelah diarsir gunakan cotton bud untuk memperhalus.
  • Gunakan penghapus untuk menghapus bagian yang terang, agar lebih menghidupkan gambar yang dibuat.

7. Gambar Arsiran 2

Gambar Arsiran 2

booboy72.blogspot.com

Selanjutnya adalah menggambar dan mengarsir bagian sayap.

  • Dalam menggambar objek sayap buatlah gradasi warna dari pangkal sayap (bagian sayap yang dekat dengan badan) dengan cenderung gelap sampai terang pada ujung sayapnya.
  • Sayap pada gambar di atas yaitu sayap kupu-kupu. Dimana sayap kupu-kupu memiliki motif yang berbeda dengan sayap pada hewan lain. Untuk motif pada sayap ini pertegas garisnya dengan menggunakan pensil 8B dan arsirannya menggunakan pensil 2B-6B.
  • Masih menggunakan teknik yang sama yakni memakai cotton bud dan dirapikan dengan penghapus. Jika ada, gunakan pensil putih untuk memperhalus tiap arsiran.

8. Gambar Arsiran 3

Gambar Arsiran 3

booboy72.blogspot.com

  • Sekarang pindah ke objek lain, yaitu bunga mawar. Untuk menggambar bunga mawar, perhatikan pada setiap outlinenya karena struktur bunga yang meliuk-liuk dapat membuat kita sedikit bingung dalam mengarsir.
  • Arsirlah bunga bagian dalam dengan lebih gelap dan bagian luar dengan terang.

9. Tambahkan Arsiran

Tambahkan Arsiran

booboy72.blogspot.com

Tambahkan beberapa arsiran, arsiran pada tahap ini tidak perlu menggunakan cotton bud agar terlihat realistis.

Arsiran yang dimaksudkan seperti ruas-ruas pada sayap, bagian tubuh kecil seperti urat, kuku, rambut bagian luar dan sebagainya.

Semakin gelap sebuah gambar, maka semakin terlihat keren dan terlihat hidup.

10. Finishing

Finishing

booboy72.blogspot.com

Langkah terakhir yaitu finishing atau menambahkan detail gambar dan menghapus bagian yang cacar dan tidak terpakai dari gambar.

  • Setelah sebuah gambar selesai dibuat, tambahkan background, dan bebas tergantung background apa yang dibuat.
  • Usahakan membuat backgorund yang mendukung objek karena background dapat menghidupkan sebuah gambar dan objek.

Contoh – Contoh Gambar Arsir

contoh gambar arsiran Bunga

contoh gambar arsiran bunga 1

contoh gambar arsiran bunga

contoh gambar arsiran Bunga

contoh gambar arsiran benda

contoh gambar arsiran benda

 

Contoh gambar arsiran hewan

contoh gambar arsiran Hewan 1

pinterest

Contoh gambar arsiran hewan

contoh gambar arsiran Hewan

artistsnetwork.com

Dengan melihat hasil dan contoh dari teknik arsir terlihat indah dan menawan, namun diperlukan latihan yang tidak sedikit untuk menghasilkan karya yang indah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Simak juga penjelasan lengkap mengenai bagaimana teknik pointilis dan apa saja teknik  dalam menggambar.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.