9 Teknik Menggambar beserta Penjelasan dan Contoh – Contohnya

Di dalam menggambar sebuah karya seni tentu ada teknik-teknik menggambar sendiri. Kita tidak bisa menggambar dengan sembarangan atau secara asal-asalan. Karena untuk menciptakan sebuah karya seni gambar diperlukan sebuah proses yang memang tidak mudah bagi sebagian orang. Ada banyak jenis-jenis teknik menggambar yang bisa kita pelajari dan terapkan.

Untuk itu sebelum menggambar, lebih baik kita memahami dan mengerti terlebih dahulu mengenai teknik-teknik dasar menggambar. Hal ini akan menjadi bekal bagi seseorang dalam menggambar sehingga akan mempercepat proses dalam menggambar dibandingkan orang lain yang belum menguasai dan mengerti teknik menggambar.

Berikut kita simak bersama lebih lengkap mengenai Teknik, Jenis-Jenis teknik menggambar hingga berbagai contohnya.

Teknik Menggambar

teknik menggambar

teknikmenggambar.com

Teknik menggambar merupakan suatu cara yang dipakai didalam proses pembuatan sebuah gambar, sehingga dengan adanya teknik menggambar ini mempermudah dan mempercepat pengerjaan dalam menciptakan suatu gambar.

Gambar merupakan suatu hasil karya yang dituangkan dalam sebuah bidang datar seperti kertas maupun kanvas yang di dalamnya mengandung unsur visual seperti titik, garis, bentuk, tekstur, bidang dan juga gelap terang.

Didalam pembuatannya, gambar juga harus memperhatikan beberapa hal, yaitu seperti perspektif, ketepatan, komposisi, dan proporsi yang pas sehingga bisa menghasilkan sebuah hasil karya yang indah.

Sebuah gambar memiliki berbagai fungsi, diantaranya yaitu :

  • Sebagai bahasa teknik
  • Sebagai hasil karya seni
  • Sebagai media penyimpanan informasi
  • Dan masih banyak lagi

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dapat dipersiapkan dalam menggambar yaitu :

  • Pensil, bolpoin
  • Pensil warna
  • Crayon
  • Kuas
  • Kertas
  • Kanvas Dan sebagainya

Nah, didalam menggambar sendiri juga terdapat beberapa teknik dan cara-cara serta aturan dalam menciptakan karya seni tersebut. Setiap teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta yang paling penting yaitu masing-masing teknik terdapat fungsi sendiri-sendiri.

Berikut macam-macam teknik menggambar beserta contohnya :

Teknik Menggambar Sketsa

teknik menggambar sketsaTeknik gambar sketsa pada umumnya digunakan untuk menggambar sebuah gambar dasar atau rencana. Gambar sketsa merupakan bagian paling awal dari hampir semua pekerjaan seni menggambar.

Sehingga dapat dikatakan bahwa gambar sketsa ini gambar dasar yang belum selesei dan memang sengaja seperti itu sebab tujuannya adalah membuat sketsa atau akan ditindaklanjuti dengan cara lainnya kelak, misalnya dilukis dengan cat.

Selain itu, gambar sketsa sendiri juga memiliki tujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam  menggambar dan membuat sebuah bentuk gambar lebih proporsional. Alat yang digunakan biasanya adalah media kering seperti pensil hitam.

Gambar sketsa digambar dengan goresan halus yang mudah dihapus atau ditutup dengan teknik lainnya. Selain itu di dalam gambar ini tidak diharuskan muncul detail khusus karena sifatnya adalah sketsa atau rancangan gambar.

Walaupun gambar sketsa ini dibilang belum selesei,namun apabila digores sedemikian rupa, sebuah gambar sketsa dapat berdiri sebagai gambar mandiri yang artinya gambar tersebut dapat dinikmati demikian adanya tanpa dipermak lagi dengan cat.

Contoh gambar sketsa

teknik menggambar sketsa 1

autocarindia.com

Teknik Menggambar Arsir

teknik menggambar arsir 1Teknik pertama dalam menggambar yaitu teknik arsir. Teknik arsir dalam hal ini ialah teknik penyelesaian setelah sebuah gambar dasar selesai dibuat. Teknik ini merupakan teknik dasar dalam menggambar dengan menggunakan media pensil.

Teknik arsir lebih menitik beratkan pada kekuatan (ketebalan) garis. Kekuatan garis tersebut dapat diciptakan menggunakan pensil, spidol, tinta atau alat gambar lainnya. Goresan pensil, spidol, tinta berupa garis-garis berulang tersebut dapat membuat perbedaan pada kekuatan garis sehingga terciptalah kesan gelap terang, gradasi, atau kesan dimensi pada gambar.

Garis dapat kita lakukan dengan sejajar maupun berpotongan tergantung pada kesan gelap terang yang kita inginkan. Arsiran yang cenderung rapat akan menghasilkan kesan lebih gelap sedangkan arsiran yang tidak terlalu rapat akan menimbulkan kesan terang. Kekuatan tangan ketika menekan saat menggoreskan pensil juga sangat berpengaruh.

Ada dua jenis teknik dasar arsir yang banyak digunakan, yaitu arsir searah dan arsir silang. Selain itu, ada teknik lainnya yang namanya teknik arsir kombinasi dan teknik arsir pola.

Contoh teknik menggambar arsir

teknik menggambar arsir 2

Teknik Menggambar Blok (Siluet)

teknik menggambar Blok atau siluetTeknik siluet atau blok juga banyak dikenal sebagai teknik menggambar bayangan. Teknik ini menggunakan satu warna (hitam) untuk menutup objek gambar sehingga terbentuklah perwujudan karakter pada objek.

Ibaratnya kita menggambar bayang-bayang, ada suatu bentuk objek yang digambarkan, namun kemudian bentuk itu diwarnai semua atau diblok warna sehingga detail objek hilang alias tampak bentuknya saja seperti bayang-bayang.

Namun semua itu ada syaratnya, yakni dua warna. Warna pertama sebagai backgorund, dan warna kedua sebagai warna gambar yang akan diblok. Misalnya menggunakan  warna hitam putih, apabila warna backgorundnya hitam, maka warna putih digunakan sebagai warna objek.

Beberapa jenis teknik menggambar blok (siluet), yaitu :

  1. Siluet Positif

teknik menggambar Blok atau siluet positif

thegraphicsfairy.com

Siluet positif yaitu memberikan warna atau blok pada bentuk yang diinginkan.

  1. Siluet Negatif

teknik menggambar Blok atau siluet negatif

yuxinchen.myportfolio.com

 

Pada siluet negatif kebalikan dari siluet positif. Dimana pada teknik menggambar ini memberikan warna di sekitar bentuk atau daerah sekeliling objek yang kita inginkan.

  1. Siluet Campuran

teknik menggambar Blok atau siluet campuran

 

teknik menggambar Blok atau siluet campuran 1

lolasanisidoro.blogspot.com

Siluet campuran yaitu perpaduan dari gambar siluet positif dan negatif yang mana warna hitam dan putih melebur dan saling menutup.

Teknik Menggambar Dusel (Gosok)

teknik menggambar dussel

devianart.com

Teknik dussel adalah teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis pada sebuah gambar. Teknik ini menggunakan bantuan kapas atau alat-alat khusus yang berupa gulungan kertas (bentuknya mirip pensil), bahkan jari-jari kitapun dapat digunakan untuk menggosok gambar yang telah diciptakan.

Teknik menggambar dussel atau gosok ini bisa dikatakan teknik yang cukup sulit untuk dilakukan dan perlu latihan berulang kali untuk menghasilkan sebuah gambar yang baik. Pada teknik ini kita sama artinya dengan menciptakan gradasi warna yang halus. Stroke atau garis akam dihilangkan atau dihaluskan dengan cara digosok-gosok (dusel).

Alat yang dapat kita gunakan yaitu pensil, krayon, dan konte.

Contoh gambar Dussel

teknik menggambar dussel 1

gambarpedia.org

Teknik Menggambar Linier (Garis)

teknik menggambar linier atau garis

deviantart.com

Teknik menggambar linier sebenarnya lebih mirip dengan teknik menggambar arsir. Jika pada teknik arsir, dibuat arsiran pada bagian-bagian tertentu saja, seperti di bagian tepi kanan atau kiri, atas atau bawah, maka pada bagian teknik linier kita akan membuat garis-garis.

Teknik linier ini menggunakan garis lurus atau garis lengkung dengan ketebalan dan kerapatan tertentu pada seluruh permukaan objek gambar. Bagi pemula yang ingin menggambar  degnan  teknik linier ini dapat menggunakan alat penggaris untuk lebih mudah.

Teknik Menggambar Perspektif

teknik menggambar perspektif

i.ytimg.com

Berikutnya adalah teknik menggambar perpekstif, sebelum melangkah perihal teknik menggamba perspektif, kita simak terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gambar perspektif.

Gambar perspektif ialah salah satu jenis gambar yang mengkomunikasikan objek tertentu sebagaimana yang terlihat oleh mata melalui sudut pandang tertentu. Nah, sudut pandang inilah yang disebut dengan perpekstif, atau cara mata melihat visual dari yang paling depan hingga batas mata.

Gagasan utama di dalam gambar perspektif adalah keberadaan batas mata memandang atau yang disebut sebagai titik hilang (titik infiniti), yakni sebuah titik ketika objek sudah tidak dapat lagi dikenali bentuknya alias hanya berupa titik.

Teknik menggambar perpekstif sendiri biasanya menggunakan garis-garis yang diletakkan secara horizon, letak benda dan jumlah titik hilang. Lantas hasilnya akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata.

Dari titik hilang ini gambar perspektif bisa dibedakan menjadi tiga berdasasarkan jumlah titik hilangnya, yakni :

  1. Gambar perspektif dengan satu titik hilang

teknik menggambar perspektif 1Gambar perspektif yang menempatkan titik hilang tepat berada di depan mata. Pada umumnya titik hilang akan berada di tengah atau pusat gambar.

  1. Gambar perspektif dengan dua titik hilang

teknik menggambar perspektif 1

youtube.com

 

teknik menggambar perspektif 2

lynda.com

Gambar persperktif yang menempatkan kedua titik tersebut pada ujung garis horizontal sisi kanan dan kiri. Tarikan dari kedua garis tersebut akan menjadi titik temu sisi-sisi bentuk yang akan digambar sehingga kita dapat melihat objek tersebut dari dua perspektif, yakni kanan dan kiri.

  1. Gambar perspektif dengan tiga titik hilang

teknik menggambar perspektif 4

mybluprint.com

 

teknik menggambar perspektif 5

youtube

Pada gambar perspektif ini kita akan mendapatkan objek yang seolah-olah tampak dari atas mirip gambar yang ditangkap oleh cctv yang ditempatkan di atas bangunan.

Dengan demikian, dimensi objek yang akan kita dapatkan lebih luas lagi, atau objek yang terlihat dari bawah seolah kita sedang berada di bawah bangunan.

Teknik Menggambar Pointilis (Titik)

contoh lukisan pointilis 7Teknik gambar pointilis adalah suatu cara atau teknik menggambar atau  melukis dengan menggunakan titik-titik kecil hingga membentuk suatu objek. Pointilisme sendiri merupakan teknik lukisan dimana tersusun atau terbentuk dari titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna diterapkan dalam pola untuk membentuk sebuah gambar.

Teknik pointilis dikembangkan Georges Seurat pada tahun 1886, bercabang dari Impresionisme.

Teknik ini dapat dikatakan sebagai teknik yang cukup uni, sebab dalam menggambar objek, kita tidak membuat garis utuh sebagaimana dalam teknik lainnya untuk memberikan kedalaman sebuah gambar, melainkan hanya menyusun titik-titik dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda.

Sebagian besar pointilisme dilakukan dengan cat minyak, namun sebenarnya apa saja dapat digunakan misalnya drawing pen.

Teknik Menggambar Aquarel ( Sapuan Basah)

teknik menggambar aquarel

ecosia.org

Pada teknik aquarel sebenarnya sudah menginjak lebih dari sekedar menggambar, yakni melukis. Teknik ini menggunakan media basah agar supaya menghasilkan warna yang transparan. Peralatan yang digunakanpun sudah tidak lagi sederhana, yaitu kuas dan cat berbasis air seperti cat air, tinta, dan cat akrilik.

Adapun alat lainnya adalah pensil warna yang dapat larut dengan air. Setelah kita mewarnai dengan pensil warna tersebut, finishingnya adalah sapuan kuas basah. Kertas gambar ssebelim dilakukan proses menggambar lebih bagus harus dibasahi terlebih dahulu agar cat cepat menyebar.

Didalam teknik menggambar aquarel dibutuhkan kemampuan yang memadai untuk bisa menghasilkan sebuah gambar, sebab dalam teknik ini menggunakan kuas yang sangat jauh berbeda dengan menggunakan pensil.

Namun demikian dengan menggunakan goresan kuas selalu menciptakan ciri khas dan nuansa dengan keindahan yang berbeda.

Teknik Menggambar Plakat

teknik menggambar plakatTeknik gambar plakat merupakan suatu teknik menggambar bentuk atau teknik seni lukis yang menggunakan bahan cat air atau cat poster. Dengan sapuan warna yang tebal dan kental akan menghasilkan sebuah gambar yang terlihat pekat dan menutup.

Namun teknik ini membutuhkan ketrampilan seorang seniman yang cukup mumpuni karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai teknik teknik dalam menggambar yang dapat kalian pelajari beserta contohnya. Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.