Macam-Macam Teknik Pembelajaran

Proses belajar membutuhkan teknik pembelajaran yang jelas demi mencapai tujuan yang efisien dan efektif. Teknik pembelajaran digunakan untuk menerapkan suatu  metode pembelajaran secara spesifik. Sehingga teknik ini sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Lantas apa sajakan macam macam teknik pembelajaran ?

Pengertian Teknik Pembelajaran

KBBI (2005 :1158)

Teknik  adalah  suatu metode mengerjakan, cara membuat hingga seni melakukan sesuatu.

Edward M. Anthony

Pengertian teknik pembelajaran ialah sebuah cara atau strategi yang digunakan oleh para pendidik untuk meraih hasil yang maksimal pada waktu mengajar pelajaran tertentu.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi dari teknik pembelajaran ialah sebuah cara atau taktik yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada para murid agar memeperoleh hasil yang maksimal. Teknik yang digunakan haruslah sesuai dengan bahan ajar serta seirama dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Idealnya teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode pembelajaran yang telah digunakan, sementara metode pembelajran disusun berdasarkan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Sehingga pendekatan menjadi dasar dalam menentukan teknik pembelajaran.

Metodologi pembelajaran adalah cara melakukan aktivitas yang terjadi antara peserta didik dan tenaga pendidik saat berinteraksi selama proses belajar. Para pendidik harus mempelajari dan mengetahui metode pengajaran supaya bisa menyampaikan materi sekaligus dapat dimengerti oleh para peserta didik. Sistem pengajaran sendiri dipraktikkan saat mengajar serta dibuat dengan semenarik mungkin supaya peserta didik memiliki pengetahuan yang efektif juga efisien.

Macam-Macam Teknik Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran sendiri ada macam-macam teknik pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para pendidik, diantaranya :

1. Metode Ceramah/Konvensional

macam macam teknik pembelajaranMetode pengajaran lewat penyampaian informasi menggunakan lisan atau berceramah kepada siswa bisa menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih. Bisa dikatakan metode pembelajaran ini adalah metode yang ekonomis dan paling praktis, tanpa memerlukan alat bantu yang terlalu banyak. Teknik pembelajaran ini bisa dipakai untuk mengatasi sumber rujukan atau kelangkaan literatur mengingat daya beli di luar jangkauan.

Kekurangan

Metode pembelajaran ceramah ini ialah siswa lebih pasif, proses pembelajaran yang membosankan, membuat siswa mudah mengantuk, ada unsur paksaan agar mendengarkan, evaluasi proses belajar yang sulit dikontrol, dan proses pengajaran berfokus hanya pada definisi kata-katanya saja.

Kelebihan

Metode ceramah ini ialah dapat mendorong siswa lebih fokus, guru bisa mengendalikan kelas dengan penuh, bisa diikuti oleh banyak anak didik, guru bisa menyampaikan pelajaran secara luas dan mudah dilakukan.

2. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah teknik pembelajaran dengan mengutamakan pemecahan masalah. Dimana metode pembelajaran ini dapat dilakukan berkelompok.

Kelebihan

Metode ini dapat memberikan pemahaman lebih baik kepada anak didik bahwa semua permasalahan selalu ada penyelesaiannya, siswa bisa berpikir lebih kritis, mendorong para siswa menyampaikan pendapatnya, mendorong siswa untuk memberikan masukkan dalam proses pemecahan masalah, mengambil beberapa alternatif pemecahan masalah, dan membuat siswa lebih paham mengenai toleransi pendapat sekaligus dapat mendengarkan orang lain.

Kekurangan

Hanya cocok dipakai untuk kelompok kecil, dikuasai oleh beberapa orang yang lebih suka berbicara, tema diskusi yang terbatas, serta diperlukan penyampaian formal saat berpendapat.

3. Metode Ceramah Plus

teknik pembelajaran ceramahMetode ceramah plus ini merupakan metode pengajaran dengan ceramah lisan yang disertai oleh metode lainnya. Biasanya metode mengajar yang satu ini memakai metode lebih dari satu. Diantaranya seperti teknik ceramah plus dengan tanya jawab, teknik ceramah plus demonstrasikan serta latihan, dan metode ceramah plus tugas dan diskusi.

4. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi ini dipakai dalam pengajaran lewat proses, yakni memakai bahan ajar atau benda ketika pengajaran. Dimana bahan ajar dapat memberikan pandangan nyata pada apa yang dipelajari, selain itu juga bisa melalui praktikum.

Kelebihan

Metode pengajaran ini mempunyai manfaat, diantaranya membuat siswa lebih tertarik pada apa yang telah diajarkan, memberikan pengalaman pengajaran yang lebih mudah diingat oleh siswa, dan siswa lebih terarah dan fokus pada materi.

Kekurangan

Jika benda yang digunakan untuk didemonstrasikan berukuran terlalu kecil maka siswa akan kesulitan mengamati, tak semua materi dapat didemonstrasikan, terlalu banyak siswa bisa menghalangi pandangan para siswa dengan merata, serta membutuhkan tenaga pendidik yang paham supaya bisa mendemonstrasikan pengajaran dengan baik.

5. Metode Percobaan

pengertian tekik pembelajaranMetode percobaan ialah metode pengajaran memakai action berbentuk percobaan lab atau praktikum. Tiap-tiap siswa bisa melihat proses secara nyata dan bisa belajar langsung.

Kelebihan

Metode pengajaran ini ialah membuat para siswa merasa jika materi yang mereka pelajari memang benar adanya lewat pembuktian dalam percobaan, siswa bisa mengembangkan diri mengadakan eksplorasi lewat percobaan-percobaan, dan metode ini bisa menghasilkan siswa yang memiliki jiwa peneliti.

Kekurangan

Metode percobaan ini ialah kekurangan alat biasanya menghambat para siswa untuk bisa bereksperimen, eksperimen dilakukan di waktu-waktu terbatas karenanya percobaan yang bisa dilakukan pun terbatas, dan metode ini biasanya cocok pada beberapa tipe materi pelajaran saja, meliputi teknologi, biologi, kimia, dan lain sebagainya.

6. Metode Pembelajaran Karya Wisata

jenis teknik pembelajaranMetode pembelajaran karya wisata ialah sebuah metode mengajar yang memanfaatkan lingkungan, tempat atau lokasi yang mempunyai sumber pengetahuan.  Metode mengajar yang satu ini dilakukan lewat pendampingan guru maupun orang tua apabila usia siswa masih sangat muda. Adapun metode pendampingan ini bertujuan untuk menunjukkan pengetahuan yang harus dipahami siswa. Ada pun metode karya wisata tersebut dapat dilakukan, baik di alam maupun di tempat-tempat yang bersejarah.

Kelebihan

Metode ini ialah sebagai metode modern dengan memanfaatkan interaksi ke dalam lingkungan yang nyata, metode pengajaran tidak jenuh dan sangat menyenangkan, bahan yang telah dipelajari saat di sekolah dapat dilihat secara langsung dan nyata seperti bangunan bersejarah, dan pengajaran menggunakan metode yang satu ini dapat merangsang siswa agar lebih kreatif.

Kelemahan

Membutuhkan perencanaan dengan matang, membutuhkan persiapan yang harus disetujui banyak pihak, memerlukan biaya cukup mahal, metode ini biasanya lebih mengutamakan pada tujuan rekreasi dibandingkan tujuan pembelajarannya, membutuhkan pengawasan pihak guru maupun orang tua, perlindungan dan keselamatan adalah faktor penting dalam metode pembelajaran ini.

7. Metode Latihan Keterampilan

teknik pembelajaran ketrampilanTeknik pembelajaran ini adalah metode pengajaran dengan cara melatih soft skill atau keterampilan pada siswa dengan cara merancang, membuat, atau dengan memanfaatkan sesuatu. Sistem pembelajaran seperti ini memerlukan kreativitas yang tinggi pada siswa dengan memanfaatkan bahan tertentu menjadi lebih bermanfaat dan berguna.

Adapun kelebihan

Metode ini ialah untuk melatih kecakapan kognitif dan motorik anak dengan memanfaatkan alat-alat serta kemampuan mengolah suatu bahan agar lebih kreatif, bisa melatih kreativitas seni siswa, dan melatih ketelitian, ketepatan, kecepatan, serta fokus pada siswa.

Kekurangan

Siswa yang tak mempunyai minat akan sulit menyesuaikan diri, menghambat bakat dari siswa lainnya, waktu terlalu lama untuk melaksanakan latihan sehingga dapat menimbulkan kebosanan.

8. Metode Problem Based Learning

macam teknik pembelajaranMetode PBL atau pemecahan masalah ini biasanya dilakukan pada kelas kecil, dimana siswa diberikan suatu kasus agar bisa menstimulasi mereka untuk melakukan diskusi kelompok. Lalu siswa dapat mengutarakan hasil dari pencarian materi mengenai kasus tersebut dan didiskusikan pada kelompok.

Keunggulan metode pembelajaran ini ialah siswa lebih aktif mencari informasi atau materi terkait kasus, siswa lebih aktif menyampaikan pendapat, dan suasana kelas menjadi tidak membosankan. Hanya saja kekurangannya, biasanya metode ini biasanya lebih tepat dilaksanakan untuk jumlah siswa di kelas yang tak terlalu banyak, diskusi dapat berjalan terlalu lebar dalam satu topik pembahasan, dan pendapat siswa bisa saja mirip atau sama karena seharunya sudah tak perlu disampaikan kembali.

Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta penjelasannya secara lengkap.

Itulah 8 teknik pembelajaran yang bisa dipilih agar penyampaian materi yang dilakukan oleh tenaga pendidik bisa tersampaikan dengan efektif kepada para peserta didik.

 

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.