Pengetahuan

TEKNIK PLAKAT : Pengertian, Cara Hingga Contohnya (LENGKAP)

Salah satu teknik menggambar yang juga mampu menghasilkan hasil lukisan yang mengagumkan ialah teknik plakat. Teknik plakat mampu menghasilkan lukisan yang sangat...

Written by dawan setiawan · 4 min read >
cara melukis dengan teknik plakat

Salah satu teknik menggambar yang juga mampu menghasilkan hasil lukisan yang mengagumkan ialah teknik plakat. Teknik plakat mampu menghasilkan lukisan yang sangat colourfull dengan sapuan cat, hasil lukisan ini lebih profesional dengan berbagai perpaduan warna. Namun bagaimana sebenarnya pengertian dan seperti apa contoh contoh teknik plakat.

Pengertian Teknik Plakat

Teknik plakat adalah salah satu teknik melukis atau menggambar yang menggunakan bahan dasar cat air, cat akrilik, ataupun cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal atau kental.

Teknik menggambar ini jenis ini jauh berbeda dengan teknik aquarel dimana menggunakan cat encer dengan goresan tipis, sehingga pada teknik plakat hasil lukisan lebih pekat dan menutupi keseluruhan medianya.

Teknik ini mampu menghasilkan lukisan dengan nilai komersil yang tinggi dan biasanya dilakukan oleh para pelukis yang profesional di bidangnya. Medium yang biasanya digunakan dengan teknik plakat ini dapat berupa kertas lukis, kanvas dan beberapa jenis medium lainnya.

Ciri Ciri Teknik Lukis Plakat antara lain :

  • Teknik sapuan warna cat yang lebih kental dan tebal
  • Hasil lukisan menutupi seluruh bagian medianya (kertas atau kanvas)
  • Memiliki kombinasi dan perpaduan warna yang bervariasi
  • Hasil lukisan terlihat pakat

Langkah Langkah Teknik Plakat

langkah langkah teknik plakat

Agar dapat menghasilkan lukisan yang indah dengan menggunakan teknik plakat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu alat-alat dan bahan yang baik dan berkualitas.

Bahan-Bahan yang perlu disiapkan

  • Cat air
  • Cat Poster
  • Cat Akrilik
  • Cat Minyak

Alat-Alat yang perlu disiapkan

  • Kuas
  • Kanvas

Cara Melukis Teknik Plakat

pengertian teknik plakat

Pada dasarnya teknik melukis plakat tidak jauh berbeda dengan teknik melukis lainnya, hanya saja pada teknik ini sapuannya warna cat yang tebal dan kental pada medianya. Sehingga sapuan tersebut akan menghasilkan lukisan yang pekat dan menutupi seluruh medianya.

Pastikan anda telah menentukan tema lukisan anda semenarik dan sekreativitas mungkin sebelum melukis.

Kemudian dapat langsung memulai mencampur dengan warna kesukaan. Biasanya teknik plakat menggunakan tiga paduan warna dasar, yakni merah, kuning dan biru.Lantas warna-warna tersebut dipadukan hingga menjadi warna-warna baru sesuai dengan keinginan oleh pelukis.

Tahap selanjutnya kamu pun bisa mengekspresikan setiap ide dan gagasan yang dimiliki yang mana dapat menghasilkan hasil lukisan yang indah.

Unsur-Unsur dalam Teknik Plakat

1. Garis

garis

Garis merupakan langkah yang paling dasar dari sebuah lukisan. Garis adalah sebuah gambar yang terbentuk melalui goresan atau tarikan dari satu titik ke titik lainnya. Macam-macam garis pun beragam bentuknya mulai dari garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus, garis yang tak beraturan, dan lain-lain.

Setiap garis yang kamu gambar juga memiliki makna tersendiri sesuai karakter garis tersebut, misalnya saja jika anda menggambar dengan garis lurus, maka garis tersebut akan memiliki arti kaku, tegas dan keras.

2. Bidang

bidang

Bidang adalah sebuah permukaan yang datar. Bidang dapat terbentuk melalui pertemuan antara ujung pangkal garis satu dengan ujung pangkal garis yang lainnya yang menutup.

Bidang tersebut dapat berbentuk berbagai macam misalnya saja seperti :

  • Bidang geometrik yaitu berupa segitiga, persegi, dan persegi panjang
  • Bidang organik yaitu berupa garis lengkung bebas.

Bidang juga memiliki sifat tertentu dan beragam sesuai dengan bentuk dari bidang tersebut.

3. Bentuk

bentuk

Bentuk adalah sebuah hasil dari penggabungan unsur bidang. Misalnya pada empat sisi bidang digabungkan, tentunya akan menghasilkan sebuah bentuk kotak.

Terdapat beberapa faktor yang merupakan sifat dari sebuah benda yaitu melalui nada gelap-terang, warna, dan tekstur pada suatu benda. Misalnya saja pada benda yang bertekstur kasar akan menghasilkan kesan yang lebih berat dibandingkan dengan benda yang bertekstur halus.

4. Warna

warna

Warna merupakan unsur terpenting dalam teknik plakat ini. Terdapat tiga warna dasar yang dapat digunakan dalam melukis dengan menggunakan teknik plakat yaitu warna merah, kuning, dan biru.

Dari ketiga warna tersebut kita dapat melakukan pencampuran warna sehingga menghasilkan warna lainnya, misalnya saja ketika warna merah dipadukan dengan warna kuning maka akan menghasilkan warna oranye.

Warna dapat bermakna tertentu sesuai dengan warna yang digunakan dalam melukis lukisan. Misalnya saja seperti anda melukis dengan paduan warna muda dan warna tua, warna terang dan warna gelap, serta warna redup dan warna cerah.

Misalnya saja anda melukis dengan warna terang maka lukisan tersebut akan menghasilkan kesan yang ringan, begitu juga sebaliknya dengan lukisan  warna gelap maka akan menghasilkan kesan warna yang berat.

5. Tekstur

tekstur

Tekstur dapat dimaknai dengan permukaan yang terdapat pada suatu benda. Tekstur tersebut dapat berupa tekstur kasar dan halus.

Tekstur kasar adalah tekstur yang memiliki permukaan yang tidak rata sehingga permukaan tersebut akan terasa kasar ketika diraba. Misalnya tekstur kasar tersebut dapat ditemukan pada ranting pohon, daun, dan batu.

Sedangkan tekstur halus yaitu tekstur yang memiliki permukaan yang halus dan lembut atau rata ketika diraba. Misalnya dapat dijumpai dalam beberapa benda seperti kertas, kaca, keramik dan lain-lain.

Dalam penggambaran suatu benda, tekstur juga dapat berarti dalam kategori ringan dan berat.

6. Nada Gelap-Terang

nada gelap terang

Pada saat suatu benda tertimpa cahaya baik secara langsung maupun tidak langsung, maka akan muncul dua efek warna yang berdampak pada benda tersebut yaitu

  • Sisi benda yang terkena sinar tersebut
  • Bayangan dari sisi lain yang tidak terkena sinar tersebut .

Atau dapat dikatakan juga terdapat sisi gelap dan sisi terang pada objek benda tersebut.

Maka dari itu, dalam menghasilkan bentuk gambar yang baik, sangat dibutuhkan kelihaian dalam penentuan sisi gelap dan terang pada suatu benda sehingga akan menghasilkan gambar yang berseni dan indah.

7. Ruang

ruang

Dalam seni bangunan, sebuah ruang dapat terbentuk dari dua atau beberapa dinding yang memiliki jarak satu sama lain. Begitu juga dengan patung, di dalam seni patung terdapat ruang yang berupa rongga.

Ruang yang berada di alam nyata juga dapat dinamakan sebagai ruang nyata. Kemudian ruang yang diciptakan dalam sebuah gambar atau lukisan maka juga dapat dinamakan sebagai ruang khayalan atau imajiner.

Contoh Contoh Lukisan Teknik Plakat

contoh lukisan teknik plakat

Lukisan di atas memiliki warna warna yang didominasi dengan paduan warna gelap. Hasil lukisan terlihat sangat nyata, karena walau dengan sapuan car warna yang sangat tebal dapat menampilkan keadaan dan situasi yang menyerupai sebenarnya. Dapat anda saksikan pada lukisan ini bagaimana situasi langit yang gelap dan aspal yang mengandung sedikit air memantulkan bayangan setelah terjadinya hujan.

contoh gambar teknik plakat

‘Berbeda dengan lukisan yang satu ini, lukisan ini memiliki perpaduan warna yang didominasi warna terang. Meski hanya terdiri dari beberapa warna saja, lukisan ini tetap membuat mata terpesona. Hamparan langit yang cerah, laut yang biru, pepohonan yang hijau dan dilengkapi dengan kelompok burung pantai yang sedang terbang menjadi satu karya yang berseni tinggi.

contoh teknik plakat

Menggambarkan suasana sebuah kota di atas air menyerupai kota-kota di Italy. Secara keseluruhan lukisan ini juga didominasi dengan warna gelap. Bangunan-bangunan khas eropa berbaris rapi dengan sapuan cat yang sangat tebal dan kental. Jembatan yang indah dengan air yang memantulkan gemerlap cahaya di sekitar membuat gambar ini unik.

Perkembangan Menggambar dengan Teknik Plakat di Indonesia

Perkembangan seni melukis dengan menggunakan teknik plakat di Indonesia juga semakin berkembang dan memiliki minat tersendiri di sebagian masyarakat Indonesia.

Bagi para pemula yang ingin menekuni seni melukis dengan menggunakan teknik plakat ini, dapat menemui beberapa sanggar seni lukis yang ada di sekitar kita.

Tahap pembelajarannya pun sederhana yaitu mulai dari penggunaan warna dasar dan perpaduan warna pada lukisan sehingga kita dapat melukis sesuai dengan daya kreativitas masing-masing.

Terdapat beberapa sanggar seni lukis yang mampu membina dan menghasilkan lukisan-lukisan yang indah dengan menggunakan berbagai macam teknik yang salah satunya adalah teknik plakat ini.

Salah satu wujud dari perkembangan seni melukis dengan menggunakan teknik plakat ini dapat kita temui di beberapa daerah di Indonesia, seperti contohnya adalah Sanggar Ruang Seni “Merdeka” yang berada di daerah di Garut.

Penelitian yang dilakukan oleh Inne Maulani dengan Judul Sanggar Seni rupa “Merdeka” di Garut tersebut menjelaskan bahwa tempat tersebut merupakan sanggar seni lukis yang mewadahi masyarakat baik anak-anak hingga orang dewasa yang ingin mempelajari dan mempunyai bakat dalam dunia seni melukis.

Hingga saat ini telah ada puluhan orang yang belajar melukis di sanggar seni tersebut. Melalui penelitian tersebut, dapat dihasilkan beberapa hasil lukisan bahwa terdapat 13 anak yang melakukan kegiatan melukis dengan tema bebas, di antara mereka ada yang memilih tema dengan konsep alam, keseharian, dan fotografi.

Di samping itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan melukis dengan teknik torehan dan plakat. Dalam menggunakan teknik plakat, medium yang mereka gunakan dalam melukis adalah dengan menggunakan sponge atau kain lukis.

Melalui kegiatan tersebut, anak-anak juga dapat menyalurkan minat dan bakat mereka dalam seni menggambar ataupun melukis terutama dengan menggunakan teknik plakat tersebut.

Kesimpulan

Teknik plakat adalah teknik menggambar yang terdiri dari berbagai jenis cat, yaitu cat air, cat akriliki maupun cat minyak. Cara menggambarnya pun cukup mudah, tetapi perlu kelihaian yang tinggi agar dapat menghasilkan gambar yang indah.

Dengan sapuan yang tebal dan kental yang digunakan secara menyeluruh pada media gambar dan dipadukan dengan berbagai macam warna sehingga lukisan tersebut akan menghasilkan karya seni lukis yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.