Tugas, Job Description, Gaji dan Syarat General Manager

Dalam setiap perusahaan, ada beberapa jabatan yang harus dipegang oleh orang tertentu untuk bisa menjalankan tanggung jawabnya masing-masing. Salah satu jabatan yang ada di hampir semua perusahaan adalah General Manager atau yang lebih dikenal dengan GM. Seberapa berat sih tugas dan apa saja job description seorang General Manager itu ? Simak ulasan lengkap hingga gaji general manager dan tugas general affair ?

General Manager

General Manager adalah jabatan yang ada dalam sebuah perusahaan yang dipegang oleh seseorang dimana bertugas untuk memimpin, mengelola serta mengkoordinasikan semua hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Ada banyak tugas General Manager yang harus anda ketahui. Apalagi, GM merupakan jabatan tinggi setelah President Director atau pimpinan tertinggi yang ada di dalam sebuah struktur perusahaan.

Memegang jabatan sebagai General Manager di sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih, untuk bisa menempati posisi yang satu ini, anda harus memiliki prestasi yang bisa membuat para petinggi perusahaan serta rekan sekantor angkat topi dan bangga dengan prestasi yang anda torehkan tersebut.

Nah, biasanya orang yang bisa menduduki jabatan sebagai General Manager ini ialah seorang karyawan yang sangat loyal terhadap perusahaan tempat ia bekerja. Tak hanya itu, karyawan tersebut juga harus cerdas, inovatif serta berkharisma.

Tugas dan Tanggung Jawab General Manager

tugas dan peran general manager

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa untuk bisa menjadi seorang General Manager itu bukanlah hal yang mudah. Mengingat besarnya tanggung jawab serta tugas General Manager yang harus dilaksanakan.

Lantas, tugas dan tanggung jawab apa yang harus dijalani oleh seorang General Manager dalam sebuah perusahaan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

  1. Menghadiri berbagai macam pertemuan, seminar, konferensi ataupun pelatihan.
  2. Merencanakan serta mengeksekusi rencana strategis perusahaan, baik jangka menengah ataupun jangka panjang demi kemajuan perusahaan.
  3. Membuat keputusan penting dalam hal investasi, integrasi, aliansi serta divestasi.
  4. Membuat prosedur serta standar dari perusahaan.
  5. Memutuskan serta membuat kebijakan demi kemajuan perusahaan.
  6. Mengelola anggaran keuangan dari perusahaan.
  7. Memastikan setiap departemen agar bisa melakukan strategi perusahaan dengan cara yang efektif serta optimal.
  8. Merencanakan serta mengontrol kebijakan perusahaan supaya bisa berjalan dengan maksimal.
  9. Merencanakan, mengelola serta mengawasi proses penganggaran yang ada dalam sebuah perusahaan.
  10. Mengelola perusahaan sesuai dengan visi misi perusahaan.
  11. Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi serta menganalisis semua aktivitas bisnis dalam sebuah perusahaan.
  12. Mengelola operasional harian perusahaan.
  13. Memimpin perusahaan serta menjadi motivator untuk para karyawannya.

Itulah tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang General Manager dalam sebuah perusahaan. Memang, tidak sedikit karyawan yang mengincar jabatan satu ini. Selain gaji yang lebih besar, tidak sedikit orang akan menyanjung anda dengan prestasi yang dimiliki.

Namun, bukan berarti hal tersebut tanpa resiko yang harus anda pikul. Berbagai tanggung jawab dan tugas harus anda selesaikan dengan baik. Tak hanya itu, bahkan anda tidak hanya bertanggung jawab pada diri sendiri, namun juga harus bertanggung jawab pada orang lain. Selain itu masih banyak lagi tugas general manager lain yang tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Gaji General Manager

gaji general managerPada umumnya setiap perusahaan memiliki standar dan perhitungan gaji yang berbeda-beda. Perhitungan gaji ini biasanya berdasarkan seberapa besar kapitalisasi perusahaan tersebut, bidang perusahaan, maupun seberapa besar tugas dan tanggung jawab. Tak terkecuali dengan gaji general manager pun tidak sama pada tiap perusahaan.

Untuk perusahaan yang belum terlalu besar gaji seorang general manager dikisaran 10-15 juta. Gaji ini belum termasuk beberapa tunjangan seperti rumah, tunjangan keluarga , dan lain-lain.

Sementara untuk perusahaan yang telah besar dan memiliki kapitalisasi 1 T lebih, gaji untuk posisi general manager dipatok minimal 25 juta. Tapi anda harus tahu, gaji ini wajib ada potongan pajak. Namun, selain gaji seorang general manager masih mendapatkan lagi tunjangan-tunjangan lain seperti rumah, mobil, tunjangan keluarga.

Kriteria dan Syarat Menjadi General Manager

tugas dan tanggung jawab general managerNah, ternyata untuk menjadi seorang General Manager tak hanya wajib menjalankan berbagai macam tugas ataupun tanggung jawab yang dilimpahkan. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang karyawan agar bisa menjadi General Manager.

Berikut ini adalah kriteria atau syarat-syarat untuk bisa menjadi General Manager:

  1. Mempunyai pengalaman dalam manajemen bisnis, perencanaan, serta pengawasan keuangan.
  2. Mempunyai pengalaman dalam manajemen personalia termasuk dalam perekrutan, pengevaluasian, serta administrasi.
  3. Mempunyai kemampuan yang sudah terbukti dalam bisnis serta manajemen keuangan.
  4. Bisa mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat.
  5. Bisa dipercaya dan bertanggung jawab dengan semua tugas yang dilimpahkan kepadanya dan bisa menjadi panutan bagi para karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut.
  6. Bisa melakukan berbagai macam tugas serta pekerjaan dengan cepat serta efektif.
  7. Bisa memecahkan berbagai macam permasalahan, konflik ataupun situasi krisis yang dalam perusahaan dengan cepat dan tepat.
  8. Memiliki jiwa pemimpin serta dapat mengelola dan mengawasi perusahaan dengan baik.
  9. Memiliki perilaku dan kepribadian yang baik, mampu berkomunikasi secara lisan ataupun tertulis dengan baik pula dan mempunyai keterampilan interpersonal.
  10. Mempunyai kemampuan dalam hal kerja sama dengan dengan semua lapisan jabatan yang ada di dalam perusahaan.

Setelah anda membaca kriteria atau syarat untuk menjadi seorang General Manager yang satu ini, sebagian dari anda tentu akan berpikir bahwa hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, semua itu bisa anda raih jika Anda percaya pada diri sendiri. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan jabatan yang tinggi, haruslah ada banyak hal serta prestasi yang wajib anda miliki.

General Affair

tugas general affairSelain General Manager, di dalam sebuah perusahaan ada juga jabatan General Affair. General Affair atau yang biasa disebut dengan GA ini merupakan posisi yang berada di bawah Divisi Umum atau Kepala Operasional.

Bagi sebuah perusahaan yang memiliki struktur organisasi sederhana, biasanya General Affair ini akan digabung dengan bagian HRD. Tak hanya itu, bahkan posisi General Affair juga sering digabung dengan bagian pembelian atau purchasing.

Sama seperti General Manager, ada beberapa tugas General Affair yang harus dipenuhi dan dilaksanakan. Lalu, apa saja tugas yang dimiliki oleh General Affair? Anda bisa menyimaknya lewat pembahasan di bawah ini.

Tugas General Affair

kriteria general manager

  1. Mendukung berbagai macam kegiatan operasional perusahaan lewat pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan.
  2. Melakukan koordinasi dengan beberapa departemen lain agar bisa mengetahui kebutuhan mereka.
  3. Merencanakan anggaran pengadaan barang ataupun jasa dan biaya pemeliharaannya.

Untuk pengadaan dari semua peralatan serta kebutuhan kerja meliputi alat tulis kantor, laptop, komputer, meja, kursi, AC, penghias ruangan dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, untuk tugas General Affair ini sendiri juga mencakup beberapa fasilitas dan sumber daya penunjang lain seperti office boy, kendaraan operasional, satpam, cleaning service, jasa outsourcing, operator telepon dan masih banyak yang lainnya.

Tak cukup sampai disitu saja, aspek lainnya yang sangat penting harus dilakukan oleh seorang General Affair ialah membina serta menjaga hubungan baik dengan para supplier barang ataupun jasa.

Hubungan yang dilakukan ialah dengan membuat kontrak kerja, memastikan bahwa pembayaran dilakukan secara tepat waktu serta melakukan complain mewakili pihak perusahaan jika hal tersebut diperlukan.

General Affair juga memiliki tugas untuk untuk bisa menciptakan, mengembangkan serta mengimplementasikan sistem kerja ataupun prosedur penaganan dan juga perawatan fasilitas yang sudah ada.

Itu dia berbagai tugas General Manager dan tugas General Affair yang harus anda ketahui. Meski jabatan tersebut banyak diinginkan oleh sebagian karyawan, namun tentu saja tanggung jawab yang harus dipikul tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang mampu berkompetisi dan berprestasi untuk menduduki jabatan sebagai General Manager ataupun General Affair.

Ketahui juga bagaimana blueprint yang baik mengenai kewirausahaan dan tujuan karir lengkap.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.