Penjelasan Tugas, Wewenang, Syarat & Gaji HRD

Dalam proses perekrutan karyawan baru di suatu perusahaan, HRD memiliki peran yang penting. Ya, untuk anda yang pernah melamar pekerjaan di suatu perusahaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan jabatan satu ini. Namun hanya sedikit saja yang telah memahami betul bagaimana detail tugas dan wewenang seorang HRD. Bagi anda yang ingin berkarir dibidang HRD, berikut adalah penjelasan lengkap HRD, Syarat menjadi HRD dan Berapa sih rata-rata Gaji HRD ?

HRD

tugas HRDKepanjangan HRD sendiri adalah Human Resources Department. Dalam bahasa Indonesia, HRD disebut dengan divisi Sumber Daya Manusia. Secara umum, HRD ini merupakan sebuah divisi yang memiliki tanggung jawab untuk menangani pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun karyawan dalam suatu perusahaan maupun organisasi.

Dengan begitu, HRD mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk memastikan perusahaan bisa mendapatkan beberapa karyawan terbaik dan unggul. Hal inilah yang membuat posisi HRD memiliki peranan yang sangat penting dalam proses seleksi.

Tak cukup sampai disitu saja, ternyata tugas dari HRD juga masih berlanjut. HRD juga harus memaksimalkan kemampuan terbaik dari para karyawan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi perusahaan. Banyak perusahaan yang menempatkan seseorang dengan latar belakang pendidikan psikologi dalam posisi HRD. Hal ini karena HRD memegang peranan yang sangat penting dalam proses wawancara.

Itu merupakan gambaran sekilas tentang tugas yang harus diemban oleh HRD dalam sebuah perusahaan. Tentu saja, masih ada beberapa tugas HRD lainnya yang harus dipenuhi. Lalu, apa saja tugas HRD yang harus dijalankan? Selengkapnya, ada dalam pembahasan di bawah ini.

Tugas HRD dan Wewenang HRD

tugas dan wewenang HRD

1.Melakukan sebuah Tindakan Disipliner Bagi Para Karyawan

Dalam sebuah perusahaan, ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi oleh para karyawan. Nah, tugas HRD dalam hal ini ialah melakukan tindakan disipliner terhadap pada karyawan yang melanggar peraturan perusahaan. Tindakan tersebut tentu tidak boleh dilakukan semena-mena dan harus sesuai dengan kebijakan yang dibuat oleh pihak perusahaan.

2. Membuat Kontrak Kerja serta Memperbaharui Masa Berlaku Kontrak Kerja Karyawan

Tugas HRD selanjutnya adalah menyiapkan perjanjian kerja bagi calon karyawan. Selain itu, HRD juga akan memperbaharui masa kerja dari para karyawan.

3. Memiliki Tanggung Jawab dalam Absensi Karyawan, Perhitungan Gaji, Bonus dan Tunjangan

HRD akan menginput semua data karyawan ke dalam sistem agar bisa terdata dengan baik. Tak hanya itu, HR juga akan menginput data penggajian, bonus serta tunjangan yang akan diberikan kepada para karyawan. Posisi ini memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam mengembangkan struktur gaji dan melakukan kontrol terhadap absensi karyawan.

4. Melakukan Kegiatan Pembinaan serta Pelatihan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HRD memiliki peranan penting dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, kegiatan pembinaan serta pelatihan wajib diadakan oleh HRD.

HRD memiliki tanggung jawab dalam hal merencanakan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, mental, potensi, keterampilan serta pengetahuan para karyawan perusahaan. Dalam pengembangan tersebut juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

5. Memiliki Tanggung Jawab yang Penuh dalam Proses Rekrutmen Karyawan

HRD memiliki wewenang yang cukup besar dalam hal perekrutan staf ataupun karyawan bagi suatu perusahaan. Beberapa tahapan akan dilakukan, yakni mulai dari mencari calon karyawan, melakukan wawancara hingga seleksi. Tahapan seleksi tersebut dilakukan untuk bisa mendapatkan calon karyawan yang benar-benar memiliki kemampuan serta potensi yang dibutuhkan.

6. Melakukan Seleksi, Promosi, Transfering serta Demofi kepada Para Karyawan

Tugas satu ini akan dilakukan jika dirasa perlukan. Seorang HRD yang berprestasi memiliki kesempatan untuk bisa melakukan promosi jabatan. Akan tetapi, pelaksanaannya harus dilakukan dengan cara yang adil dan professional serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Peran HRD lainnya ialah membuat laporan rekapitulasi, mutasi, promosi serta status karyawan (tambahan anak, menikah ataupun berhenti bekerja).

7. Membuat HRD yang Lebih Efektif dan Efisien

Selain beberapa tanggung jawab yang sudah disebutkan, HRD juga memiliki tanggung jawab dalam hal pembuatan SOP dari suatu posisi pekerjaan, job description, training and development system.

8. Memiliki Tanggung Jawab dalam Hal Mengelola serta Mengembangkan Sumber Daya Manusia

Tanggung jawab ini termasuk dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan Sumber Daya Manusia dan juga pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia. HRD juga memiliki tugas untuk menciptakan beberapa program pelatihan serta pengembangan yang lebih efektif bagi para karyawan baru ataupun karyawan lama.

9. Membuat Kebijakan

Tugas HRD berikutnya ialah dengan membuat sebuah kebijakan. Departemen HRD memiliki tugas untuk mengumpulkan berbagai macam informasi, menentukan solusi untuk setiap masalah yang ada serta memberikan panduan dalam setiap solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan.

Tak hanya itu, bahkan HRD juga memiliki peranan dalam evaljasi kinerka pegawai, staffing, program latihan serta Pemutusan Hubungan Kerja. Dalam hal ini, HRD akan memberikan masukan serta membantu para manajer untuk menyelesaikan masalah dan mengambil sebuah keputusan.

Di atas adalah berbagai macam tugas HRD dan wewenang HRD yang harus dilaksanakan dengan baik. Berbagai macam tugas tersebut tentu saja harus diemban dengan tanggung jawab yang sungguh-sungguh. Masuk dalam Departemen HRD ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih, HRD memiliki peranan yang sangat besar dalam memilih dan membentuk karyawan yang berkualitas.

Syarat Menjadi HRD

syarat HRDOleh karena tugas yang diemban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, ada beberapa syarat atau kriteria bagi seseorang untuk bisa masuk ke departemen satu ini. Berikut  adalah syarat menjadi HRD yang harus dipenuhi.

  • Memiliki pendidikan minimal sarjana.
  • Mempunyai integritas, kepercayaan diri serta keadilan.
  • Dapat mencapai tujuan serta bisa bekerja dalam tim.
  • Dapat memberikan solusi yang baik untuk proses inisiasi ataupun meditasi.
  • Mengetahui statistic, administrasi serta keuangan.
  • Bisa beradaptasi dengan berbagai macam tipe serta sifat orang termasuk dalam perbedaan pada aspek pendidikan, agama, budaya, usia serta pengalaman kerja.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan ataupun tertulis.
  • Memiliki pengetahuan dalam bidang komputer serta sistem informasi, hal tersebut mengingat dipakainya HRIS (Human Resource Information System) di banyak perusahaan.
  • Memiliki kemampuan interpersonal yang dapat membantu Anda untuk bisa berhubungan baik dengan setiap karyawan yang ada di kantor.

Berbagai macam syarat tersebut harus dipenuhi oleh seseorang jika ingin melamar pekerjaan dalam departemen HRD. Tentu saja, untuk bisa langsung melangkah ke jenjang yang lebih tinggi dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah, seperti manajer HRD misalnya.

Dibutuhkan pengalaman, pengetahuan dan jiwa kepemimpinan yang baik. Ini karena berbagai macam tugas dan wewenang HRD yang harus dipenuhi dan dikerjakan dengan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, tidak sembarang orang boleh berada pada posisi yang satu ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar anda bisa mengemban semua tugas dan wewenang dengan baik. Bermodalkan pengetahuan saja ternyata tidak cukup bagi anda untuk bisa menjadi bagian di departemen HRD. Anda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Gaji HRD

gaji HRDAnda yang ingin melamar posisi menjadi HRD tentu wajib tahu berapa kisaran gaji seorang HRD. Hal ini sangat membantu anda ketika wawancara dan dapat anda jadikan referensi untuk bernego tentang gaji. Walaupun sebenarnya gaji tidak bisa disamakan antara perusahaan karena pada umumnya setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda akan gaji.

Gaji HRD perusahaan kelas menengah tentu tidak dengan gaji HRD perusahaan yang sudah besar. Bidang perusahaan juga sangat mempengaruhi akan besar kecilnya gaji.

Berdasarkan informasi yang kami himpun bahwa gaji untuk seorang HRD fresh graduate rata –rata bekisar 4.000.000. Sementara gaji HRD yang telah memiliki pengalaman minimal satu tahun paling tidak mendapatkan sekitar 5.000.000.

Jumlah rata-rata gaji HRD di atas akan selalu mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Dan yang perlu diingat jumlah gaji juga bergantung dengan di perusahaan mana anda bekerja.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.