Tugas, Peran, Fungsi & Tanggung Jawab Manager Keuangan

Dalam sebuah perusahaan, terdapat beberapa jabatan yang memiliki peran penting demi berjalannya berbagai macam mekanisme. Salah satu dari sekian jabatan yang ada, Manajer Keuangan menjadi jabatan yang sangat vital dalam perusahaan. Tugas dan tanggung jawab yang diemban seorang manager keuangan pun cukup kompleks dan luas. Ketahui juga apa saja peran dan fungsi manager keuangan di artikel berikut ini.

Peran Umum Manager Keuangan

peran manager keuanganSecara umum, manager keuangan berperan penting dalam mengatur keuangan suatu perusahaan. Ada beberapa peran yang harus dijalankan oleh seorang Manajer Keuangan. Hal tersebut bergantung pada ukuran serta kompleksitas dari perusahaan itu sendiri. Berbagai macam tugas Manajer Keuangan juga harus dijalankan dengan baik.

Sebagai contoh, pada perusahaan besar, bisa saja Manajer Keuangan hanya terfokus pada analisis strategi. Hal ini bertujuan agar para manajer yang telah senior untuk bisa membuat sebuah keputusan yang baik. Tugas yang satu ini mencakup tentang interpretasi informasi keuangan ataupun perkiraan berbagai macam trend yang akan muncul di masa datang.

Sementara pada perusahaan kecil, peran seorang Manajer Keuangan lebih luas lagi, bahkan juga bisa mengelola seluruh fungsi dari keuangan. Beberapa dari Manajer Keuangan juga terus melakukan pengawasan fungsi tim silang atau yang disebut dengan (cross function) bersama dengan Departemen TI serta staf administrasi.

Hal tersebut karena perusahaan yang ditangani masih dalam skala kecil sehingga masih memungkinkan jika diatasi oleh satu Manajer Keuangan saja.

Itu merupakan gambaran  peran Manajer Keuangan baik dalam perusahaan skala besar ataupun kecil. Akan tetapi, ada beberapa tugas dari Manajer Keuangan  secara umum yang harus diselesaikan dengan baik.

Tugas Manager Keuangan

tugas utama manager keuangan

Sebelum membahas tugas dari Manajer Keuangan secara umum, anda perlu mengetahui tugas utama yang dimiliki oleh pekerjaan yang satu ini. Tugas utama dari Manajer Keuangan ialah membantu perencanaan bisnis serta memberikan nasihat keuangan yang sesuai.

Adapun beberapa tugas umum lainnya ialah sebagai berikut.

  1. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, hal tersebut bertujuan agar perusahaan bisa mendapatkan dana serta surat berharga perusahaan yang bisa diperdagangkan.
  2. Mengambil sebuah keputusan penting dalam investasi serta berbagai macam pembiayaan dan semua hal yang berkaitan dengan keputusan tersebut.
  3. Menjalankan serta mengoperasikan roda kehidupan yang ada dalam perusahaan seefisien mungkin dengan cara menjalin kerja sama bersama beberapa manajer lainnya.
  4. Melakukan kerja sama dengan manajer lain untuk membuat sebuah perencanaan dan meramalkan berbagai macam aspek yang ada di dalam perusahaan termasuk salah satunya yaitu perencanaan umum keuangan perusahaan.

Keempat tugas Manager Keuangan di atas haruslah dijalani dengan baik dan benar. Selain beberapa tugas tersebut, ada juga tanggung jawab yang harus dipikul oleh Manajer Keuangan. Apa saja tanggung jawab yang harus dilaksanakan?

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

tugas dan tanggung jawab manager keuangan

  1. Merencanakan, mengontrol serta mengkoordinasi arus kas milik perusahaan (cash flow). Terutama dalam pengelolaan utang piutang. Tanggung jawab ini harus dilakukan untuk memastikan ketersediaan dana yang nantinya akan digunakan untuk operasional perusahaan serta membantu kondisi keuangan agar tetap stabil.
  2. Bertanggung jawab untuk merencanakan dan melakukan koordinasi dalam hal pengembangan sistem dan prosedur keuangan serta akuntansi. Tak hanya itu, Manajer Keuangan juga bertanggung jawab untuk melakukan kontrol pada pelaksanaannya. Hal ini untuk memastikan agar semua proses serta transaksi keuangan bisa berjalan secara tertib dan teratur.
  3. Mengelola fungsi akuntansi dalam melakukan proses data serta informasi keuangan untuk bisa menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara akurat.
  4. Melakukan perencanaan serta koordinasi penyusunan anggaran perusahaan dan mengontrol penggunaan anggaran itu sendiri. Ini bertujuan untuk memastikan penggunaan data secara efektif serta efisien dalam menunjang berbagai macam kegiatan operasional sebuah perusahaan.
  5. Melakukan koordinasi serta mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran wajib pajak bagi perusahaan agar tetap akurat, efisien, tepat waktu serta sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Fungsi Manager Keuangan

fungsi manager keuanganUntu mencapai target, manager keuangan harus menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Adapun 2 fungsi dari seorang manager keuangan antara lain :

  1. Memperoleh Dana ( Raising of Fund)

Fungsi utama seorang manager keuangan yaitu menentukan jumlah dana yang  tersedia dan juga memutuskan darimana asal sumber dana tersebut diperoleh. Pada umumnya sumber dana untuk melakukan kegiatan perusahaan ini berasal dari 2 sumber, yakni dalam perusahaan sendiri (sumber dana intern) dan dari luar perusahaan (sumber dana extern).

  1. Menggunakan Dana (Use of Fund)

Seorang manager keuangan harus dapat merencanakan dan menyusun penggunaan dana dengan sebaik-baiknya. Disini fungsi manager keuangan benar-benar memperhatikan betul dari mana akan sumber dana dan penggunaan dana.

Manager keuangan yang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik pasti akan berakibat buruk terhadap pengelolaan fungsi keuangan perusahaan terutama dengan adanya sumber dana. Untuk itu manager keuangan wajib mempunyai pemahaman pengelolaan keuangan yang baik, proses aliran keluar masuk dana, perencanaan, pengendalian dan pelaporannya.

Fungsi Manajemen Keuangan

fungsi managemen keuanganSetelah anda mengetahui tugas, tanggung jawab maupun fungsi yang dimiliki oleh seorang Manajer Keuangan, anda juga harus mengetahui fungsi dari manajemen keuangan.

Lalu, apa saja fungsi manajemen keuangan itu sendiri? Di bawah ini ada 5 fungsi utama dari manajemen keuangan yang harus Anda ketahui.

1.Planning

Fungsi pertama ialah planning atau yang disebut dengan perencanaan keuangan. Perencanaan ini meliputi perencanaan rugi laba dan perencanaan kas.

2. Budgeting

Budgeting juga disebut dengan anggaran merupakan fungsi dari manajemen keuangan yang berguna untuk merencanakan penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya agar bisa dilakukan secara efisien serta untuk bisa memaksimalkan dana yang dimiliki.

3. Controlling

Fungsi berikutnya adalah pengendalian keuangan. Fungsi satu ini dilakukan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan keuangan serta sistem keuangan suatu perusahaan.

4. Auditing

Auditing atau pemeriksaan keuangan juga menjadi fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan beberapa fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Fungsi satu ini berguna untuk melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang sudah ada supaya sesuai dengan kaidah standar akuntansi serta ditujukan agar tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan dana.

5. Reporting

Fungsi terakhir adalah reporting atau laporan keuangan. Fungsi yang satu ini untuk menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan dari suatu perusahaan serta analisa rasio dari laporan keuangan itu sendiri.

Berbagai macam fungsi manajemen keuangan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dengan adanya fungsi ini, keuangan yang ada dalam sebuah perusahaan dapat terkontrol dan digunakan sebagaimana mestinya dan terhindar dari penyalahgunaan dana.

Selain fungsi, manajemen keuangan ini juga memiliki tujuan. Di bawah ini adalah tujuan manajemen keuangan yang ada di dalam sebuah perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan

tujuan managemen keuangan

1.Kelangsungan Hidup Perusahaan

Sebuah perusahaan tentu harus bisa bertahan hidup di dunia bisnis yang memiliki kompetitif tinggi. Oleh karena itu, manajemen keuangan harus mengambil keputusan yang tepat. Jika tidak, itu dapat berakibat pada kerugian dan kebangkrutan.

2. Mengurangi Biaya Modal

Manajer Keuangan harus bisa meminjam uang dengan tingkat bunga yang rendah dan membuat struktur modal yang sedemikian rupa agar modal tersebut dapat diminimalkan.

3. Mengurangi Risiko Operasional

Manajer Keuangan harus mengambil langkah yang tepat untuk bisa mengurangi resiko operasional.

4. Meningkatkan Efisien

Dengan melakukan distribusi keuangan yang tepat, hal tersebut sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi pada semua departemen yang ada pada sebuah perusahaan.

5. Maksimalisasi Kekayaan

Manajer Keuangan akan berusaha untuk memberikan dividen secara maksimal kepada para pemegang saham, sehingga para pemegang saham tersebut bisa mendapatkan kekayaan yang maksimal.

Untuk menjalankan tugas Manager Keuangan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih, Anda harus tetap fokus agar bisa mengambil keputusan yang tepat. Salah sedikit saja, perusahaan bisa mengalami kerugian bahkan juga kebangkrutan.

Selain itu, menjadi seorang Manajer Keuangan juga harus amanah, karena Anda mengelola uang yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan banyaknya tugas dan beratnya tanggung jawab yang harus dipikul, tentu jabatan tersebut tidak boleh diduduki oleh sembarang orang.

Demikianlah penjelasan berbagai tugas dan kewajiban yang harus diemban oleh seorang Manager Keuangan. Ketahui juga apa saja kewajiban peran HRD dan Administrasi dalam perusahaan.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.