Meraih & Contoh Jawaban Tujuan Karir Profesional

Ketika mendengar kalimat tujuan karir, apa sih yang ada di benak anda? Sukses dan mampu menduduki jabatan tinggi? Mungkin sebagian besar dari anda akan berpikir demikian, namun sebenarnya makna dari tujuan karir lebih luas dari itu. Simak ulasannya hingga berbagai contoh jawaban tujuan karir  yang professional untuk wawancara kerja.

Bagaimana anda mampu menyusun dan merencanakan serta melaksanakan tujuan tersebut pun termasuk tujuan dari karir. Selain itu setiap orang juga tak selalu memiliki tujuan yang sama, beberapa diantaranya mungkin lebih memilih untuk menduduki jabatan tinggi namun beberapa lainnya lebih tertarik untuk bisa menguasai sebuah bidang kerja. Pastinya semua tujuan tersebut bersifat jangka panjang.

Langkah Mencapai Tujuan Karir

Untuk mampu mencapai tujuan karir jangka panjang banyak hal yang perlu anda lakukan. Nah berikut adalah tips untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Tentukan Target yang Jelas

tentukan target karirLangkah pertama dan utama yang harus anda lakukan adalah menentukan target yang jelas. Penentuan target yang jelas akan menentukan langkah anda ke depannya. Semisal tentang apa yang harus anda kerjakan, apa yang anda minati, berapa penghasilan yang harus anda peroleh dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang bisa menjadi kompos dari tujuan karir Anda. Oleh sebab itu, tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan gambaran jelas atas rencana serta target yang ingin anda capai dalam kurun waktu tertentu.

Secara tidak langsung, kemampuan anda dalam menyusun berbagai pencapaian karir akan memunculkan visi masa depan anda dalam kehidupan kerja.

Sebagai contoh simple, ketika saat ini anda sedang menjadi seorang marketing mobil, maka anda harus memiliki target dan visi 2 tahun ke depan supaya sudah bisa menjadi supervisor.

Opsi lain jika mungkin anda kurang menyukai bidang yang saat ini sedang digeluti adalah memilih dan berpindah bidang sesuai dengan keinginan atau passion Anda. Dari target inilah Anda akan semakin terpacu untuk bisa mencapai apa yang menjadi tujuan Anda.

2. Komitmen

komitmen dengan karirMenentukan tujuan karir jangka panjang sama dengan anda harus bersiap melakukan perubahan agar rencana atau tujuan tersebut dapat terealisasikan. Namun dalam kehidupan real, perubahan tak selalu dapat diterima. Terlebih lagi jika sebelumnya anda sudah berada di zona nyaman, tentunya akan butuh banyak perjuangan agar perubahan tersebut diterima dan membuahkan hasil.

Solusi terbaik untuk menghindari penolakan namun tetap mampu memberikan hasil, anda harus melakukannya perlahan namun tetap konsisten. Disini anda harus berkomitmen dengan target tujuan karir yang sudah ditentukan sebelumnya. Semakin anda berkomitmen, anda pun akan lebih fokus pada tujuan tersebut.

3. Taklukkan Tantangan dan Lihat Hasilnya

taklukkan tantanganUntuk mencapai sebuah tujuan, sudah bukan hal aneh jika banyak rintangan. Tapi tantangan inilah yang akan membawa anda lebih dekat dengan hasil atau tujuan yang diinginkan. Yang harus anda lakukan tak lain dan tak bukan adalah menaklukkan tantangan demi tantangan yang menghadang.

Jadikan tantangan tersebut harus mampu melatih skill dan mental anda agar lebih siap berada pada level karir yang lebih tinggi nantinya. Dalam praktiknya, tantangan di dunia kerja bukan hanya ada di lingkup internal namun juga eksternal seperti persaingan dagang dan lain sebagainya.

4. Menyiapkan Diri

persiapkan diri dalam karirBanyak diantara anda yang sudah memiliki target tujuan karir baik dan memiliki susunan kegiatan yang perlu dilakukan untuk menuju tujuan tersebut, namun pada kenyataannya kesiapan diri sendiri belum maksimal.

Sebenarnya jika membicarakan persiapan diri, ini harus sudah dilakukan sejak anda masih dalam lingkup pendidikan. Jadi bukan hanya mencari ilmu berupa materi saja, namun anda juga perlu membekali diri sebaik mungkin ketika nanti harus terjun ke dunia kerja dan mencapai tujuan karir yang diinginkan.

5. Terbuka Dengan Feedback

menerima kritik dan saran karirWalaupun anda sudah merasa melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin, namun hasil yang kurang sempurna kerap kali bisa menjadi cerminan atas usaha anda yang sesungguhnya. Untuk itulah anda memerlukan feedback dari orang lain yang mungkin lebih senior.

Mendapatkan sebuah saran atau kritik mungkin sedikit membuat sakit hati. Akan tetapi yakinlah bahwa anda akan berkembang dengan segala masukan dan saran yang anda terima.

Pernyataan ini tentunya bukan menjerumuskan anda untuk selalu menerima apa yang dibicarakan orang lain. Akan tetapi lebih mendorong anda agar pandai memilih saran atau feedback dari pihak lain yang mampu membangun diri Anda.

Contoh Jawaban Tujuan Karir

Selain ditanamkan pada diri sendiri, tujuan karir juga kerap menjadi pertanyaan yang dilontarkan para HRD terhadap calon karyawannya. Nah di bawah ini adalah beberapa contoh pernyataan tujuan karir yang bisa anda coba ketika menjalani tes wawancara.

Bagian Penjualan

tujuan karir penjualan atau marketingLulus dengan titel Sarjana Strata 1 jurusan Penjualan & Pemasaran dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, telah menyelesaikan magang 6 bulan di sebuah dealer Volkswagen.

Memiliki sebuah dasar yang alami dalam membangun hubungan baik dan tulus dengan orang-orang, saya senang bekerja pada bagian penjualan dan juga mengatasi tantangan yang dihadirkannya. Saya tidak percaya dengan pendekatan penjualan yang keras, saya percaya pada memberikan solusi yang berharga untuk masalah-masalah.

Bagian Pemasaran

contoh tujuan karir pemasaran profesionalLulusan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi> dengan titel Sarjana Strata 1 dalam Pemasaran Digital, baru menuntaskan magang selama satu tahun di AirBnB. Mencari karir untuk menerapkan perspektif pemasaran yang segar dan keterampilan media sosial saya untuk memperkuat kehadiran merek online Anda. Saya percaya bahwa pemasaran adalah tentang menciptakan momen yang berarti bagi konsumen untuk terlibat dengan merek.

Bagian Sumber daya manusia

contoh tujuan karir manajemen sdmLulusan bidang Sumber Daya Manusia dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, dengan pengalaman 6 bulan sebagai pemagang bagian SDM untuk Ikea. Seorang komunikator yang kuat dengan kepribadian yang energik, saya berharap dapat membantu departemen SDM Anda terus menarik dan mempertahankan talenta terbaik di negara ini. Memahami apa yang mendorong orang dan mengilhami mereka berperan penting dalam membangun loyalitas karyawan, dan itulah yang ingin saya lakukan.

Bagian Akuntansi

tujuan karir akuntansiLulusan jurusan Akuntansi dari <masukkan nama universitas atau perguruan tinggi>, yang baru saja menyelesaikan magang 9 bulan di Ernst & Young. Sangat terorganisir dan didorong oleh efisiensi, saya menghargai kesempatan untuk menyumbangkan keahlian analitis dan akuntansi saya ke dalam perusahaan Anda. Saya sangat percaya untuk terus memperbaiki melalui sistem dan proses baru yang mempermudah pekerjaan, bukan memperumitnya.

Bagian Keuangan

contoh tujuan karir menajemen keuanganLulus dengan titel Sarjana Strata 1 dalam Perencanaan Keuangan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, dengan pengalaman 9 bulan sebagai pemagang bagian keuangan di HSBC. Didorong untuk memperoleh hasil kerja dengan detail, saya menantikan kesempatan untuk memberi kontribusi wawasan baru bagi tim Perencanaan Keuangan Anda. Pada saat ketidakstabilan ekonomi, saya percaya untuk tetap memperhatikan gambaran besarnya dan mengambil risiko yang diperhitungkan agar bisa maju.

Teknologi Informasi

contoh tujuan karir teknik informartikaLulusan jurusan pemrograman dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, baru saja menyelesaikan magang 12 bulan di Cisco. Bersemangat memberdayakan kehidupan dengan menggunakan teknologi komputasi, saya akan menghargai kesempatan untuk menerapkan teknik serbaguna dan kemampuan desain UX saya dalam membantu perusahaan Anda meningkatkan standar penjualan dan layanan pelanggan. Jawaban atas sebagian besar masalah, saya percaya, terletak pada penyederhanaan.

Bagian Teknik

contoh tujuan karir teknikLulusan Teknik pembangunan ramah lingkungan dari <masukkan nama Universitas atau perguruan tinggi>, baru menyelesaikan magang selama setahun dengan BOSCH. Ingin memainkan peran dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan ramah lingkungan untuk masyarakat, saya yakin bahwa gagasan dan semangat teknik inovatif saya untuk penelitian dan pengembangan lingkungan akan membantu perusahaan Anda mempertahankan kepemimpinan pasarnya di wilayah ini. Saya percaya pekerjaan sangat berarti bila memungkinkan kita menciptakan perubahan positif.

 

Semoga penjelasan dan contoh tujuan karir di atas dapat menjadi referensi anda. Untuk menentukan target karir dengan jelas, pahami struktur organisasi perusahaan dan tugasnya,

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.