Asyiknya Wisata Kota Batu, Malang !!!

Kota Batu Malang, siapa sih yang tidak mengetahui kota ini . Kota yang dikelilingi oleh pegunungan ini menyuguhkan banyak keindahan alam maupun tempat wisata yang patut dikunjungi. Kota wisata Batu merupakan kota kecil yang terletak di sebelah barat laut dari Kota Malang atau kamu hanya butuh waktu 30 menit dari Kota Malang dengan menggunakan motor.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman yang tidak kalah seru dari artikel sebelumnya Pengalaman Mencicipi Pesona Pantai Balekambang. Saya menikmati kota wisata Batu, Malang yang kami kunjungi 1 tahun yang lalu.

Kota wisata Batu,  saya datangi rame – rame bertujuh dengan teman. Kami patungan menyewa mobil untuk digunakan berkeliling Kota Batu, Malang. Kenapa pilih mobil ? karena kita memang berniat untuk menikmati suasana kota dengan muter – muter dan mampir tempat wisata kalo pas lagi pengen.

Menikmati perjalanan

Jalan bertebing

by pixabay

Sehari sebelum berangkat, teman  sudah deal dengan pihak rental mobil. Kami gak bawa baju banyak sih,hanya satu dua baju ganti dan beberapa snack untuk cemilan di perjalanan. Sabtu dini hari pukul 06.30 , kami putuskan untuk berangkat dari Kediri menggunakan Toyota Kijang Innova dari rental mobil.

Untuk rute perjalanan kami melewati Pare – Kota Batu dengan jarak tempuh sekitar 86 km. Bisa dipastikan perjalanan kami akan sedikit memakan waktu yang lama, karena pada akhir pekan biasanya macet dan banyak wisatawan.

Dari Kediri menuju Pare perjalanan diliputi dengan joke – joke konyol , ditambah makanan yang berlimpah ruah dari mulai snack sampe roti melengkapi waktu kami.

Biasanya saat musim Durian tiba , pasti banyak pedagang durian yang menjajakan durian disepanjang jalan antara Kandangan dan Kasembon .

Sampailah kita di Kasembon, yaitu sebuah kecamatan di Kabupaten Malang yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Disinilah, keseruan dan kenikmatan yang aku suka secara pribadi karena melewati gunung. Bagi kalian yang biasa bepergian ke Kota Batu melewati Pare , Kediri pasti kalian tau gimana keadaan geografi di jalur ini.

Melewati Pegunungan

Setelah melewati Kasembon, tibalah perjalanan kami di sambut dengan jalan yang berkelok – kelok dengan hijaunya rerimbunan pohon  yang menjulang tinggi. Udara sejuk dan dingin mulai terasa dan diiringi dengan gaduhnya suara serangga – serangga hutan.

Terkadang pemandangan berupa hamparan luas perkebunan sayur mayur terlihat jelas menghiasi perjalanan ini.Sesekali kami juga disuguhi pemandangan alam dan sungai yang mengalir dengan suara yang jernih.

Jalan Berkelok

by pixabay

Disini pengendara mobil harus lebih hati-hati dan fokus, karena banyaknya kendaraan yang berlalu lalang dan keadaan jalan yang tidak sedikit bertebing. Selain itu, ruas jalan yang tidak terlalu luas dan banyaknya  jalan tikungan.

Saat menjelang pagi atau petang, suasana perjalanan melewati gunung ini bisa dibilang sedikit menakutkan.  Kalian akan merasakan perpaduan hutan dan pegunungan yang diselimuti kabut. Tidak adanya penerangan jalan ditambah rerimbunan pohon yang menghalangi cahaya bulan menjadikan gelapnya jalan   . Ditambah lagi bisingnya suara serangga hutan menambah kesan ngeri.  Semakin malam semakin sepi karena  jarangnya pengendara yang melewati jalan ini.

Kembali ke perjalanan nih…

Menuju arah pujon, terdapat wisata kuliner yang ada di sepanjang jalan, namanya Wisata Payung. Wisata Payung ini menyediakan berbagai menu makanan ringan dan minuman hangat seperti jagung bakar,mie rebus jahe, kopi dan masih banyak lagi.  Wisata Payung yang letaknya diatas tebing ini, cocok untuk para pengendara yang ingin melepas lelah sembari mengganjal perut karena disini kita juga disuguhkan view Kota Batu.

Sekitar pukul 10.20 kami berhenti sejenak untuk mencicipi makanan disini sambil menikmati indahnya pemandangan. Meski rasa kepuasan belum terasa,  waktu memaksa kami harus melanjutkan perjalanan.

Tidak menghabiskan waktu lama,tujuan kami pusat Kota Batu, Malang pun telah tiba.

Asyiknya Kota Batu

Batu malang, menurut aku pribadi kota ini tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya. Terbukti dengan tiap tahun kota wisata Batu ini tidak pernah sepi akan wisatawan.

Kunjungan kami kali ini pun, bukan yang pertama kali . Sebelumnya kami juga pernah ke Batu untuk menikmati beberapa Taman Wisata seperti Jatim Park 1, 2 ,Selecta, BNS , Coban Rondo, dll.

1. Alun – Alun Kota Batu

Masjid Agung An Nur Batu

by Flickr

Setibanya di Kota Batu, Masjid Agung An – Nur menarik perhatian kami untuk berhenti. Disela – sela menunggu waktu sholat , ALun – alun Kota Batu yang posisinya tepat di depan Masjid Agung ini patut untuk tidak kami lewatkan.

Sebagai salah satu icon kota Batu, Alun – aLun ini memiliki keunikan dari alun – alun pada umumnya. Selain taman yang sangat asri , terdapat banyak playground untuk anak – anak, air mancur dan yang paling unik ada bianglala besar .

Ada bangunan apel besar untuk toilet dan bangunan strawberry sebagai tempat informasi.  Di kawasan ini pun bebas rokok, jadi semua pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok.

Alun - Alun Batu

by Travel.dream.co.id

Untuk menikmati Alun – alun dengan berbagai fasilitas yang ada kami tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Sedangkan untuk menaiki Bianglala yang menghadirkan panorama sekitar Alun – alun, kita cukup membayar 5000 rupiah saja, murah banget kan. Itupun kami harus rela antri panjang karna hari libur. Biasanya Bianglala ini dibuka jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

Saat malam hari, alun alun ini terlihat lebih indah dan berwarna. Berbagai macam patung hewan lucu yang menghiasi kawasan ini mencorongkan lampunya masing masing bak lampion.

Memasuki waktu dhuhur , kami bergegas melangkahkan kaki untuk menunaikan keawajiban. Meski kalian sedang liburan atau dalam perjalanan, jangan lupakan ibadah  yakkkk.

2. Jatim Park 1

Jatimpark 1 Batu Malang

by Aprilendah.blogspot.com

Sekitar jam 1 , kami bertolak menuju Jatim Park 1. Ya ya , meski sudah pernah kesini, rasanya tidak pernah bosan. Kami selalu tertantang dengan wahana – wahana yang memacu adrenalin di sini.  Jatim Park 1 Batu , merupakan taman rekreasi dan edukasi yang memiliki beraneka wahana permainan yang sangat seru dan  mengedukasi.

Kurang lebih terdapat 50 wahana yang bisa kalian coba. Wahana terbagi dalam tiga bagian.

Wahana pertama yaitu wahana edukasi yang memberikan informasi dan pengetahuan seputar budaya, sejarah, alam dsb. Wahana bagian kedua adalah wahana playground  yang diperuntukkan untuk anak – anak. Wahana ketiga merupakan Adventure Zone , nah disinilah terdapat begitu banyak jenis wahana yang menantang adrenaline kami. di Jatim Park 1 juga ada dua kolam renang yang cukup besar yaitu water boom dan kolam renang anak.

Jatim Park 1 juga menyediakan fasilitas penunjang yang sudah lengkap. Ada kamar mandi di beberapa titik, Food Court, Mushola, Toko Souvenir, Gazebo untuk istirahat serta tempat parkir yang luas. Taman Rekreasi ini dibuka jam 08.30 sampai 16.30.

Untuk harga , menurut saya cukup mahal ya. Untuk hari biasa kita dikenakan harga 70.000 ribu tapi untuk akhir pekan kita harus membayar sebesar 100.000 ribu . Harga boleh mahal, tapi itu sebanding dengan kepuasan yang pengunjung rasakan. Harga tersebut sudah bisa digunakan untuk menikmati semua wahana.

Lokasi Jatim Park 1 strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum kok. Letaknya di Jalan Kartika No.2 Desa Sisir Kecamatan Batu, Batu.

rollercoaster, wahana

by Pixabay

Saya merasa sangat puas setelah menjajal berbagai wahana. Setelah diputar , dilempar, dan di bolak balik dari ketinggian saya nyerah. Walau masih sebagian wahana, saya absen untuk mencoba wahana lain.

Dengan banyaknya wahana di sini, kalian butuh stamina yang banyak dan fit. Kalau enggak ya kayak saya , hanya beberapa sudah pusing dan mabuk. Karena teman yang lain masih antusias dengan wahana yang belum dicoba, saya cukup mengantarkan dan melihat keseruan.

Rasa capek, pusing , seru, dan puas menjadi satu. Beberapa wahana belum kami naiki, tapi waktu dan rasa lelah sudah terasa.  Kami pun segera meninggalkan Jatim Park 1. Masjid Agung An Nuur kembali menjadi persinggahan kami.

3. Pos Ketan Legenda

ketan legenda batu, pos ketan legenda

by Enaknyakemana.com

Ba’da Maghrib kita ingin berjalan jalan sekitar alun – alun untuk menikmati Pos Ketan Legenda 1967 yang sudah populer di Kota Batu ini.  Baru nyampai di warung kami mendapati sudah banyak konsumen yang mengantri. Untungnya kami masih mendapat tempat duduk.

Kedai ini letaknya di sebelah selatan alun – alun Batu. Pos Ketan Legenda memberikan berbagai inovasi pada jajanan ketan. Ketan di sini memiliki banyak varian topping. Mulai dari kelapa, coklat, keju , susu, durian dsb. Kami memesan dengan menu yang berbeda semua supaya bisa merasakan semua toppingya.

Rasa ketannya sangat lembut, hangat ditambah topping yang manis dan legit benar benar memuaskan lidah kami. Nikmatnya hidangan kami santap dengan suasana riuhnya kota ini.

ketan legenda batu, kedai legenda Batu

by Kanalmalang.net

Harga setiap menu berbeda beda , tergantung dari toppingnya mulai dari 7000 sampai 15.000 rupiah . Kalian yang berkunjung di Kota Batu , Malang belum lengkap jika belum mampir di kedai ini.

Puas dengan kedai ketan, kami masih mengeksplore jajanan sekitar alun – alun , seperti sempol , es krim , dll. Di malam minggu , suasana alun – alun semarak dengan pengunjung yang padat. Sebelum berangkat pulang , mampir dulu ya ke Masjid Agung An Nuur, karena ibadah adalah kewajiban.

4. Paralayang

paralayang batu, view paralayang Batu

by Pinterest

Dalam perjalanan pulang, kami terhenti dan tertarik untuk ke paralayang , Batu malang. Wisata Paralayang ini berada di atas puncak dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1315 mdpl. Biasanya tempat ini digunakan pusat latihan dan event paralayang nasional dan internasional.

Karena banyaknya minat pengunjung, wisata Paralayang dibuka untuk umum. Wisatawan pun dapat merasakan sensasi melayang dengan ditemani oleh instruktur. Buat kalian yang ingin menjajal olahraga paralayang harus merogoh kocek yang mahal yaitu bekisar 350 ribu – 500 ribu. Dari pada bayar mahal, kami hanya menikmati pemandangan kawasan ini.

Mengunjungi paralayang di malam hari kalian harus memakai jaket, karna suhu di sini lumayan dingin.

Dengan membayar 10 ribu tiap pengunjung kami sudah bisa menyaksikan panorama kota Batu yang indah dari ketinggian. Udara yang dingin dan gemerlapnya warna warni pemandangan menjadi tujuan akhir yang berkesan. Landskape yang menakjubkan dengan sahabat dekat .

Jalan – jalan di kota batu pun kami akhiri. Rasa capek dan lelah terbayar dengan kepuasan . Semoga perjalanan kami menikmati kota Batu bisa menjadi referensi kalian yang ingin berlibur.

• Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.